Berlari Adalah Resep Ampuh Kami Hilangkan Stres

IKUT EVEN: Tak sekadar hobi, Komunitas Dentistry Runners Jember juga kerap terjun ke even olahraga resmi. Berbagai prestasi juga pernah mereka gapai.

JEMBER, RADARJEMBER.IDKomunitas pelari yang kian eksis belakangan ini menarik perhatian publik. Mereka tak sekedar menyalurkan hobi, namun juga mengkampanyekan budaya hidup sehat dengan berlari.

Dari sekian komunitas olahraga di Jember, Dentistry Runners mungkin sedikit terdengar asing. Namun kiprah komunitas para pelari ini telah membuktikan bahwa hobi bukan sekadar untuk disalurkan, namun bisa menjadi rutinitas yang menyehatkan hingga mendulang prestasi di berbagai ajang bergengsi.

Rudy Joelijanto, salah seorang ‘kapten’ tim Dentistry Runners mengatakan, lahirnya komunitas yang banyak digandrungi oleh mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unej itu memang tanpa ada perencanaan.

Menurutnya, pada 2017 silam, dia pernah mengikuti salah satu event lari di Bali. Saat kemudian dirinya bertemu dengan sejumlah pelari yang juga berasal dari Jember.

“Waktu saya ke Bali itu ada dua orang yag ternyata pelari asal Jember juga. Kemudian kita ngobrol-ngobrol dan muncul ide membuat sebuah tim lari,” katanya.

Awalnya terbentuk itu, lanjutnya, keanggotaannya masih tidak lebih dari lima orang. Dengan berjalannya waktu, masing-masing dari mereka menemukan sejumlah anggota baru dan bergabung dengan komunitas yang kemudian diberi Dentistry Runners.

Rudy menjelaskan bahwa berolahraga lari memang menjadi salah satu hobinya sejak lama. Para anggotanya yang mayoritas dari mahasiswa FKG yang kerap akan rutinitas tugas dan praktek membuatnya kesadarannya untuk hidup sehat perlu lebih diperhatikan.

“Di FKG banyak agenda, hampir setiap hari mereka praktek. Sehingga mereka yang menyadari itu ingin keluar sejenak dari rutinitas dan menyibukkan dengan berolahraga. Dan mereka menjatuhkan pilihannya di olahraga lari,” timpal Rizkiana, salah seorang anggota Dentistry Runners lainnya.

Dia menjelaskan beberapa hal terkait persiapan sebelum melakukan olahraga lari. Seperti melakukan pemanasan dan lainnya. “Pemanasan paling tidak setengah jam, hindari makan dulu, minum juga dikurangi. Dan jarak berlari tergantung kebutuhan dan kemampuan,” jelasnya.

IKLAN

Reporter : Maulana

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Hadi Sumarsono