Atlet Taekwondo Cilik Jember Raih Peringkat Ketiga

MEMBANGGAKAN: Atlet taekwondo cilik Jember mampu mendulang banyak medali dalam kejuaraan tingkat pelajar se-Jawa Timur di Kota Batu, 5-8 September. (PBTI JEMBER for RADAR JEMBER)

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Atlet junior taekwondo Jember menorehkan prestasi positif di kejuaraan taekwondo tingkat pelajar se-Jawa Timur. Dalam gelaran yang diselenggarakan 5-8 September di GOR Gajahmada, Kota Batu tersebut, mereka menjadi juara tiga di kelas semi prestasi dengan total 1.462 poin. Peringkat kedua disabet Kabupaten Sidoarjo dengan raihan 1.918 poin. Sementara juara umum direbut tuan rumah dengan total nilai 2.426 poin.

Meski belum mampu menjadi juara umum, Pengurus Kabupaten Taekwondo Indonesia (Pengkab TI) Jember tetap mensyukuri prestasi yang telah diraih para atlet cilik itu. Di kelas semi prestasi, para atlet banyak mendulang medali di sabuk kuning dan hijau. “Alhamdulilah, kami berhasil meraih peringkat ketiga di semi prestasi,” tutur Rahmat, Ketua Pengkab TI Jember.

Menurut Rahmat, persaingan di kelas lainnya yaitu prestasi juga cukup sulit. Lantaran beberapa kota/kabupaten lainnya menurunkan atlet yang cukup berpengalaman. Sehingga banyak persaingan atlet eks Porprov kemarin. “Ditambah lagi faktor cuaca yang dingin juga memengaruhi atlet. Dua atlet kami prakadet dan kadet, drop waktu di lapangan,” imbuh Rahmat.

Salah satu taekwondoin yang bergabung di Tim Porprov Jember kemarin, Cahya Duta, meraih medali perunggu. Di kelas prestasi, Jember mendapat satu medali emas dan delapan perunggu. Di kelas ini, Kota Blitar menjadi juara umum. Peringkat kedua adalah Kabupaten Sidoarjo, disusul Kota Kediri di peringkat ketiga.

Ketimpangan atlet yang turun di prestasi dan semi prestasi memengaruhi perolehan medali. Karena di kelas prestasi jumlah atletnya sedikit, perolehan medalinya juga sedikit. Sedangkan semi prestasi atlet yang diturunkan cukup banyak.

Raihan tersebut dinilainya bakal menjadi modal bagus bagi perkembangan atlet taekwondo di Jember. “Memang waktu di semi prestasi ini banyak atlet potensial. Tetapi berjalannya waktu banyak yang protol. Salah satunya pengaruh sekolah yang full day, akhirnya terseleksi alam,” paparnya.

Sebelumnya, Pengkab TI Jember mengirimkan 111 atlet pelajar dalam kejuaraan tersebut. Total 86 atlet cilik turun di kelas semi prestasi. Pihaknya memang ingin mengakomodasi ratusan atlet pelajar itu bertanding dalam event kali ini guna mencari bibit-bibit atlet taekwondo ke depan.

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih