Warga Minta Siagakan Petugas di Jalan Kartini

Parkir yang Selalu Bikin Macet

SELALU BIKIN MACET: Kondisi mobil pengantar dan penjemput yang parkir di Jalan Kartini, sehingga membuat jalan semakin sempit dan sering menjadi penyebab kemacetan.

RADAR JEMBER.ID – Hampir setiap hari, pengguna jalan yang melintas di Jalan Kartini selalu direpotkan dengan mobil yang parkir. Itu karena pemilik mobil yang mengantar atau menjemput anaknya di salah satu sekolah itu parkirnya hingga melebihi garis tengah.

Belum lagi, juga ada kendaraan yang parkir di sisi timur. Praktis, mobil yang parkir di Jalan Kartini itu ada tiga baris. Bahkan, ada sopir yang seenaknya memarkir mobil saat mengantar anaknya masuk ke sekolah. Padahal, jalan itu merupakan jalur alternatif menuju kantor Polres, Pemkab, dan ke arah Kecamatan Patrang.

Meski terlihat petugas parkir, namun terkadang mereka terlihat kewalahan. Akibatnya, setiap hari, khususnya saat jam masuk dan pulang sekolah, antrean kendaraan cukup padat hingga menimbulkan tumpukan kendaraan yang akan melaju ke arah Polres Jember. Padahal, di sisi kanan sudah jelas ada rambu larangan untuk parkir, mulai pagi hingga pukul 08.00.

Samsul, 35 tahun, warga yang setiap hari berangkat ke Kantor Pemkab selalu melewati Jalan Kartini. Pria yang tercatat sebagai warga Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, ini mengaku heran saat melihat pengendara mobil yang seenaknya memarkir kendaraannya. Padahal, lokasi parkir di depan sebuah rumah makan itu berada di jalur menikung. “Ini kan seenaknya. Seharusnya kalau memang mengantar anak, mobilnya dicarikan tempat parkir yang tepat,” ujarnya.

Meski berada di jalur menuju dan dekat dengan Polres Jember, namun kondisi ini sejak dulu terkesan dibiarkan. Oleh karena itu, Samsul meminta, disiagakan petugas yang melakukan penertiban kepada sopir atau pemilik mobil yang tiba-tiba parkir di tengah jalan. Terutama di jam-jam sibuk, saat jam masuk atau pulang sekolah. “Karena jalan ini jalan umum, bukan milik lembaga. Seharusnya sekolah punya lahan luas, sehingga pengguna jalan tidak dirugikan setiap hari,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih