PMI Adakan Simulasi Gempa Bumi dan Evakuasi Mandiri Anak Usia Dini

Latih Siswa SD Tanggap Bencana

SIMULASI: Tim PB PMI Kabupaten Jember memberikan arahan kepada siswa SD Al Baitul Amin dalam acara Simulasi Gempa Bumi dan Evakuasi Mandiri Anak Usia Dini di Alun-Alun Jember

RADAR JEMBER.ID – PMI Kabupaten Jember lebih aktif melakukan sosialisasi tanggap bencana alam. Kemarin, Tim PB bersama Sukarelawan Markas PMI Kabupaten Jember menggelar simulasi bencana gempa bumi dan evakuasi mandiri selama dua Jam. Harapannya, ratusan siswa di tiga sekolah dasar (SD) lebih tanggap bencana gempa bumi.

Simulasi bencana gempa bumi dilakukan di SD Al Baitul-Amin dengan melibatkan 70 siswa dan tiga guru. Kemudian, SD Al-Furqon 50 siswa dan dua guru, serta SDN Kebonsari 05 Jember sebanyak 30 siswa dan dua guru.

Siswa yang terlibat adalah kelas 4, 5, dan 6 dengan total 150 siswa. Acara digelar pada Rabu (4/9) dan Kamis (5/9) September 2019. “Simulasi ini merupakan langkah preventif kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan melatih evakuasi secara mandiri kepada anak usia dini,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.

Menurut dia, kesiapsiagaan terhadap bencana alam, khususnya gempa bumi, harus ditanamkan sejak usia dini. “Seharusnya semua siswa sejak SD bahkan PAUD sudah harus mulai dilatih untuk siap siaga terhadap bencana, khususnya gempa bumi yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” terangnya.

Tidak hanya siswa, seharusnya semua warga, baik yang tua, muda, maupun anak-anak, harus siap siaga bencana. Mereka harus terlatih menghadapi bencana alam, khususnya gempa bumi. Sebab, semua pihak harus terlatih dalam menghadapi bencana. “Untuk itu, pelatihan kesiapsiagaan bencana, mulai dari sosialisasi hingga simulasi, harus rutin dilakukan,” terangnya.

Bahkan, sambungnya, seharusnya pemerintah membuat program berkelanjutan berupa pelatihan kesiapsiagaan bencana. Sedangkan PMI bisa ikut mendukung program pemerintah tersebut. “Simulasi  bencana gempa bumi dan evakuasi mandiri pada tiga SD di Jember menjadi salah satu bentuk dukungan PMI untuk ikut menyiapkan masyarakat lebih tanggap bencana alam,” terangnya.

Selain itu, sebanyak 150 siswa yang dilatih juga dipersiapkan untuk ikut dan akan diperagakan dalam rangkaian Upacara HUT PMI Ke-74 di Alun-Alun Jember pada hari selasa, 17 September 2019 mendatang. (*)

IKLAN

Reporter :

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti