Bunda Indah Paparkan Pengelolaan Ikan Air Tawar Ke Pemkab Karangasem

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan cara melakukan pemanfaatan dan pengembangan dari berbagai sektor, salah satunya adalah di bidang perikanan.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) saat menerima kunjungan Studi Banding dari Pemkab Karangasem Provinsi Bali, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Kamis (5/9/2019).

Bunda Indah juga menyampaikan bahwa selain memanfaatkan kawasan hutan, pihaknya juga berusaha memanfaatkan potensi di sektor perikanan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Di sektor perikanan, kami berusaha mengembangkan pemanfaatan sungai untuk budidaya ikan air tawar dan tambak untuk ikan air payau di pesisir pantai selatan Lumajang,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Bunda Indah, bahwa di wilayah perkotaan seperti di Kelurahan Ditotrunan, masyarakatnya memanfaatkan sungai dengan membuat karamba ikan.

Menurutnya, hal tersebut akan bisa membuat lingkungan sungai menjadi bersih, dan sekaligus membuat masyarakat sekitar mendapatkan hasil dari karamba tersebut.

“Dengan peran masyarakat untuk menjaga lingkungan, dan sekaligus berdaya dalam pemanfaatan sungai yang menghasilkan itulah, sehingga Lumajang mendapat penghargaan Swasti Saba Wistara (predikat sebagai Kabupaten Sehat, red),” katanya.

Disamping itu, Bunda Indah juga mengatakan bahwa selain di sungai, pembuatan karamba atau jaring apung juga diterapkan di Danau Ranu Pakis, Ranu Klakah dan Ranu Bedali.

“Sesuai data dari Dinas Perikanan, saat ini sudah ada sekitar 400 unit karamba untuk ikan tawar yang dibuat di danau, dan hasilnya mampu mencapai sekitar 1.000 ton per tahun,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa Lumajang juga didukung oleh kualitas air yang sangat bagus dari alam, Pemkab Lumajang juga bermaksud membangun “Kampung Koi”, dan hal ini sudah dikomunikasikan dengan Komunitas Lumajang Koi Club (LKC).

“Kami sudah berencana akan bangun sebuah Kampung Koi di Lumajang. Dan, kami sudah berkomunikasi dengan Komunitas Lumajang Koi Club saat acara The 1st Lumajang Koi Festival 2019 pada Maret 2019 lalu,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mengungkapkan, bahwa saat ini untuk pengelolaan potensi bidang perikanan air tawar di Kabupaten Karangasem dinilai masih belum maksimal.

“Tujuan kami kesini adalah untuk studi tiru. Dengan harapan, ilmu yang kami dapat sekarang, nantinya bisa langsung kami implementasikan di daerah kami untuk kemaslahatan masyarakat Karangasem,” ungkapnya.

 

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan