Pengajuan Belum Bisa Dilakukan

Hanya PDIP yang Belum Beres

RADAR JEMBER.ID – Pengajuan pimpinan DPRD Jember definitif, untuk mendapat surat keputusan (SK) dari Gubernur Jawa Timur belum bisa dilakukan hingga kemarin (2/9). Penyebabnya, dari empat partai politik yang berhak menduduki jabatan itu, terdapat satu partai yang belum menerima SK dari pimpinan partainya. Yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Tiga SK dari partai untuk pimpinan DPRD yang rampung lebih dulu yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), serta Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Untuk PKB, jatah Ketua DPRD Jember definitif diberikan kepada M Itqon Syauqi, pria yang kini menjadi Ketua sementara DPRD Jember. Menurutnya, SK-nya juga sudah turun beberapa waktu lalu. Itqon menyebut, selain SK dirinya, SK dua pimpinan lain yaitu dari Partai Nasdem dan Gerindra juga sudah turun.

“Sampai hari ini, Tiga SK dari partai sudah turun. PKB, Nasdem, dan Gerindra sudah selesai. Hanya satu SK partai yang belum yaitu PDIP. Kami berharap, SK untuk pimpinan definitif dari PDIP bisa cepat selesai,” katanya.

Lantaran SK dari PDIP belum turun, maka pengajuan SK untuk pimpinan definitif belum bisa diajukan ke Gubernur Jawa Timur. “Begitu SK pimpinan dari PDIP selesai, mekanismenya akan langsung diajukan kepada gubernur untuk mendapatkan SK pimpinan definitif. setelah itu akan ditetapkan dalam rapat paripurna,” jelasnya.

Itqon mendorong agar PDIP juga cepat menyelesaikan SK pimpinan DPRD-nya. “Kami berharap dan mendorong agar SK dari PDIP bisa cepat turun. Kalau pekan ini turun, maka akan langsung disampaikan kepada gubernur,” ungkapnya.

Untuk Partai Nasdem, SK pimpinan DPRD definitifnya diberikan kepada Dedy Dwi Setiawan. Pria yang juga menduduki wakil pimpinan sementara DPRD Jember ini menyebut, hal itu tinggal menunggu waktu. “Insyaallah, kami tetap mengikuti perintah partai,” ucapnya.

Selanjutnya, dari Partai Gerindra, SK pimpinan DPRD definitifnya juga sudah turun. Hal itu disampaikan Ketua DPC Gerindra Jember, Satib. Dikatakan, partai Gerindra memberikan jatah wakil pimpinan tersebut kepada Ahmad Halim. “Sesuai mekanisme di internal partai, SK pimpinan DPRD Jember dari Gerindra sudah turun. Rekomendasi itu diberikan kepada Ahmad Halim,” jelas Satib.

Nah, untuk jatah pimpinan yang terakhir yaitu hak PDIP. Ketua Fraksi PDIP Gombong Konsul Alam menjelaskan, PDIP Jember tinggal menunggu SK dari pusat. Menurutnya, di internal PDIP memiliki mekanisme tersendiri untuk memutuskan nama yang akan menduduki jabatan pimpinan tersebut.

Gombong menjelaskan, dalam mekanisme penentuan pimpinan, PDIP mengharuskan nama-nama yang pernah menjabat sebagai anggota dewan. Dari situ, kemudian muncul tiga nama yaitu Agus Sufyan, Danang Kurniawan, serta Indrijati.

“Tiga nama itu sudah diusulkan dan sudah melakukan fit and proper test. Hasilnya, nama Agus Sufyan yang rencananya akan menduduki pimpinan DPRD. Hari ini, kami tinggal menunggu SK dari pusat,” jelas Gombong. (*)

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer :

Editor : Mahrus Sholih