Paripurna Pertama Digelar, Empat Anggota Bolos

SEMANGAT: Suasana rapat paripurna perdana di DPRD Jember, kemarin (30/8). Semoga kekompakan seperti ini bisa bertahan lima tahun ke depan.

RADAR JEMBER.ID – Rapat paripurna perdana digelar di gedung DPRD Jember kemarin (30/8). Sayangnya, empat anggota dewan tidak hadir. Rapat pun berjalan dengan dihadiri 45 orang untuk membahas dua agenda. Yakni draf tata tertib (tatib) serta tujuh fraksi.

Hasilnya, pembahasan tatib ditunda dan tujuh fraksi yang sebelumnya telah terbentuk ditetapkan. Agenda pertama yang dibahas yaitu penetapan tujuh fraksi. Pada pembahasan ini, rapat yang dipimpin Ketua DPRD Jember sementara Itqon Syauqi tersebut tidak ada persoalan. Masing-masing partai atau pun fraksi yang sudah menjalin komunikasi sebelumnya bersepakat menetapkan tujuh fraksi.

Begitu bergeser pada pembahasan draf tatib, sempat akan dilakukan pembentukan panitia khusus yang menangani tatib. Namun,  diinterupsi oleh sejumlah anggota dewan. Salah satunya Siswono dari Fraksi Gerindra.

Menurutnya, pimpinan sementara tidak memiliki kewenangan membentuk panitia khusus. “Harus kembali kepada tugas pimpinan DPRD. Yaitu hanya berwenang menyiapkan draf tatib, bukan membentuk pansus,” kata Siswono.

Siswono mengusulkan agar draf tatib dibahas secara bersama-sama oleh seluruh anggota dewan. Usulan semacam ini pun juga disampaikan sejumlah anggota lainnya.

Saat ditanya alasan mendasar terkait pelibatan seluruh anggota dewan dalam pembahasan draf tatib, Siswono mengaku karena masih banyak anggota DPRD yang baru. “Kalau pansus kan cukup 15 orang. Jadi, kami mengusulkan agar semua dilibatkan,” ungkapnya.

Ketua DPRD Jember sementara Itqon Syauqi pun melempar kembali usulan dari sejumlah anggota dewan ke tengah rapat paripurna. Rapat pembahasan tatib akhirnya ditunda. Rapat selanjutnya ditutup dan dilanjutkan dengan sosialisasi pencegahan korupsi oleh KPK. “Hari ini, tujuh fraksi sudah ditetapkan. Selanjutnya akan membahas tatib. Kemudian, pembentukan pansus akan dilakukan setelah pimpinan definitif terbentuk,” pungkasnya. (*)

 

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor :