Erlangga Dwi Setyo, Kiper Muda Jember

Bakal Berguru ke Inggris

TERUS BERLATIH: Kiper muda Jember, Erlangga Dwi Setyo. Kini, dia mendapat beasiswa dari PSSI untuk belajar sepak bola selama sembilan bulan di Inggris.

Grafis

Profil Singkat

Nama : Erlangga Setyo Dwi Saputra

Tanggal Lahir : 16 April 2003

Usia : 16 Tahun

Posisi : Penjaga Gawang

Klub Sekarang : Persib Bandung U-16

RADAR JEMBER.ID – Salah satu kiper muda potensial yang dimiliki Jember, Erlangga Dwi Setyo, bakal mendapat pengalaman berharga. Itu karena Angga, sapaan akrabnya, mendapat beasiswa dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk belajar tentang bola selama sembilan bulan di Inggris.

Kepastian itu didapat Angga, setelah dia lolos seleksi dan masuk ke tim Garuda Select jilid 2, yang merupakan program beasiswa pembinaan pemain usia dini Indonesia dari PSSI dengan Super Soccer. Nantinya, Angga akan dikirim ke Inggris guna berkompetisi di liga usia dini dan menimba banyak ilmu tentang si kulit bundar di sana.

Pemain yang masih berusia 16 tahun ini sebelumnya bergabung bersama klub Persib Bandung U-16 dan berkompetisi di Liga 1 U-16 Elite Pro Academy (EPA). Dia terpanggil seleksi oleh Dennise Wise, pelatih asal Inggris, yang memang memantau semua pemain yang berlaga di Liga 1 U-16.

“Alhamdulilah, anak saya (Angga, Red) masuk di tim Garuda Select. Sekarang, dia habis menjalani seleksi di Jakarta,” ucap Prasetya, ayahanda Angga. Dia mengaku senang dan bangga akan prestasi putranya tersebut.

Imam Nurjaman, pelatih Angga di Persib U-16, juga turut berbangga atas raihan anak asuhnya. “Secara tim dan manajemen akan mendukung, karena itu demi kebaikan mereka,” ucap Imam.

Di Persib U-16, selain Angga, juga ada dua pemain lainnya yang masuk Garuda Select jilid 2, yakni Kakang Rudianto dan Ferdiansyah. Meski mengaku berat melepas tiga pemain andalannya, namun Imam tetap mendukung mereka untuk ikut dalam program Garuda Select ini. Sebab, kini tim Persib U-16 juga memastikan diri lolos ke babak 8 besar Liga 1 U-16 EPA.

Tim Garuda Select 2 rencananya akan berangkat menuju Inggris September mendatang. Mereka bakal mendalami ilmu bola di dataran Eropa itu hingga Mei 2020.

Sekadar informasi, kali ini PSSI memberikan beasiswa kepada 24-27 pemain muda dari Liga 1 U-16 EPA untuk mendapatkan atmosfer sepak bola Inggris selama sembilan bulan penuh.

Melalui surat panggilan pemain terpilih pada 23 Agustus lalu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria mengungkapkan, PSSI bekerja sama dengan Super Soccer TV dalam pemberian beasiswa kepada 24-27 pemain tersebut. Selama program beasiswa itu berlangsung, para pemain bakal mendapatkan pelatihan di bawah pelatih professional dari The Football Association England (Federasi Sepak Bola Inggris).

Sebelumnya, awal Juli lalu, dua pelatih asal Inggris, Dennise Wise dan Des Walker, terjun langsung ke beberapa kota di Indonesia. Keduanya mencari bibit pesepak bola muda tanah air yang dinilai layak mengikuti program tersebut. Mereka juga memantau pertandingan Liga 1 U-16 EPA. (*)

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Mahrus Sholih