Bayi laki Laki Ditemukan Dalam Kardus

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Warga Dusun Mencek, Desa Serut, Kecamatan panti digegerkan dengan penemuan bayi laki laki dalam kardus. Seorang warga menemukan bayi laki-laki di dalam kardus air mineral di kebun tanaman sengon, tepatnya di belakang BRI, Minggu (25/8) pukul 07.30 WIB.

Sutipah, 58 warga Jalan A Yani, Gang Glintongan, Dusun Mencek, Desa Serut, Kecamatan Panti yang pertama kali menemukan bayi laki-laki. Saat itu, dia sedang mencari kayu bakar yang tidak jaiuh dari lokasi. Perhatiannya tertuju pada sebuah kardus air mineral yang bergerak-gerak.

Dia mengira kardus air mineral itu bergerak karena tertiup angin. Namun karena rasa penasaran, maka dia langsung mendekati kardus tadi. Alangkah kagetnya, setelah didekati, ada yang menyembul ke atas.

“Astaghfirullah, kok tega teganya ibu yang membuang bayinya, masih hidup dan sehat lagi, “ujar Sutipah sambil memegang kardus yang didalamnya ada juga ada biskuit bayi.

Saat itu juga saksi langsung memberitahukan kepada Ponadi, 40 (Ketua RT 3 RW 4), warga Jalan A Yani Gang Glintongan, Dusun Mencek, Desa Serut, Panti. Penemuan bayi itu langsung tersebar dan terdengar warga sekitar. Hanya sebentar saja, kabar penemuan bayi itu, langsung menyebar hingga banyak warga yang datang karena penasaran. Selanjutnya ketua RT setempat lagsung melaporkan kejadian ini ke Polsek Panti.

Anggota yang menerima laporan langsung mendatangi lokasi untuk melakukan olah TKP. Bayi mungil yang ditemukan Sutipah itu dilarikan ke Puseksmas terdekat. “Kondisi bayi saat ditemukan dalam terbungkus kain, dan dimasukkan ke dalam kardus air meneral, ujar AKP M Zuhri Kapolsek Panti.

“Pelaku membuang bayinya ini sekitar 3 jam lalu, ini setelah petugas medis dari Puskesmas Panti melakukan pemeriksaan. Karena kalau dilihat dari kondisi tubuhnya masih segar, mungkin oleh ibunya langsung dibuang setelah melahirkan,” ujar Zuhri.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Kepala Desa yang ada di wilayah Kecamatan Panti untuk melacak keberadaan orang tua yang membuang bayi mungil tersebut. Bisa saja, bayi laki laki yang dibungkus kardus ini dibuang oleh warga dari luar Kecamatan Panti.

Ciri ciri bayi yang ditemukan Sutipah berat badan 2600 gram, tinggi badan 47 cm, lingkaran dada 31 cm. “Selanjutnya bayi yang masih sehat ini setelah dilakukan perawatan di Puskesmas Panti, dan selanjutnya dirujuk ke IGD RSD dr Soebandi Jember,” pungkas Kapolsek.

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih