Karnaval Budaya Pandalungan Pukau Ribuan Penonton

LESTARIKAN BUDAYA: Bupati Jember dr Hj Faida MMR (tengah) dan Wakil Bupati Jember KH Abdul Muqit Arief (kanan), terlihat menikmati penampilan defile Karnaval Budaya Pandalungan.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Penyelenggaraan Karnaval Budaya Pandalungan di Kabupaten Jember, Sabtu (24/8) berjalan sukses. Ribuan penonton memadati rute karnaval yang dimulai dari GOR PKPSO Kaliwates hingga Alun-alun Jember.

Saat memberangkatkan peserta defile karnaval, Bupati Jember dr Hj Faida MMR mengatakan, kegiatan tahunan Pemkab Jember ini bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa. Karena menurutnya, karnaval bukan sekedar sebuah tontonan yang menghibur masyarakat Jember dalam rangka HUT RI ke 74.

“Tapi lebih dari itu, Pemkab Jember ingin mengajak masyarakat agar menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keanekaragaman suku, budaya dan agama,” jelas Faida.

Karnaval ini diikuti oleh utusan 31 kecamatan di kabupaten setempat. Peserta menampilkan beragam potensi lokal yang dimiliki masing-masing daerah. Semisal jeruk dari Kecamatan Semboro. Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi swasta juga ikut memeriahkan pergelaran tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati KH Abdul Muqit Arief menegaskan, melalui perhelatan Karnaval Budaya Pandalungan ini, pemerintah daerah ingin mengedukasi masyarakat untuk tidak mudah terpecah belah dan tetap menjaga keutuhan NKRI. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih