Gunungan Jeruk Ramaikan Karnaval Pandalungan

POTENSI LOKAL: Karnaval Budaya Pandalungan semakin memikat perhatian penonton, termasuk gunungan jeruk raksasa asal Kecamatan Semboro.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Ahmad Ajif Rosidi, petani Jeruk asal Dusun Beteng, Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, mempunyai cara tersendiri untuk meramaikan Karnaval Pandalungan, Sabtu (24/8).

Pemilik usaha perdagangan buah itu, membuat gunungan jeruk, yakni potensi lokal dari Kecamatan Semboro. Gunungan jeruk yang memiliki tinggi 3,5 meter dan berat 11 kwintal itu dikerjakan selama dua dua hari dua malam, dan dikerjakan oleh puluhan orang secara sukarela.

“Ide ini muncul spontanitas dan kebetulan di Kecamatan Semboro lagi musim jeruk. Semua ini untuk meramaikan HUT ke-74 RI,” katanya.

Bisa dibayangkan bagaimana tingkat kesulitan membikin gunungan jeruk tersebut? Hal itu diakui oleh Rosidi, ketika membuat kerangka gunungan dari bambu di atas mobil pikap buatan tahun 2006, bapak tiga anak ini sempat memutar otak.

“Alhamdulilah semua lancar dan gunungan jeruk ini siap meramaikan Karnaval Pandalungan. Nantinya jeruk tersebut akan dibagikan gratis kepada masyarakat Jember yang menonton karnaval ini,” imbuh Rosidi.

Sementara itu, Camat Semboro Joko Prijono mengapresiasi inisiatif warganya yang membuat gunungan dari ribuan buah jeruk segar tersebut. Menurutnya, apa yang digagas oleh warganya itu tak hanya meramaikan perayaan HUT Kemerdekaan RI, tapi juga mengangkat potensi lokal yang ada di Semboro. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih