Terekam CCTV saat Beraksi

Tertangkap Mencuri, Pelajar SMK Tinggalkan Motor

DITINGGAL PELAKU: Karyawan salah satu minimarket berjaringan di Jalan PB Sudirman, Desa Sempolan, Kecamatan Silo, menyerahkan sepeda motor milik pelaku pencurian yang ditinggal kabur.

RADAR JEMBER.ID – Adi Susanto, 27, salah satu karyawan minimarket berjaringan, sempat plonga-plongo melihat sebuah sepeda motor di hadapannya. Sepeda motor ini milik pelajar yang kedapatan mencuri makanan di minimarket tempatnya bekerja. Namun, sepertinya pelaku lebih memilih membawa barang curian yang harganya tak seberapa, dibanding motor miliknya.

Kejadian unik namun menggelikan ini terjadi di Jalan PB Sudirman, Desa Sempolan, Kecamatan Silo. Seorang pelajar salah satu SMK di Kecamatan Kalisat terekam CCTV minimarket berjaringan, Rabu (21/8) siang kemarin. Dalam rekaman tersebut, tampak pelaku yang masih menggunakan seragam sekolah itu datang dengan mengendarai motor bernopol P 5140 ZX.

Saat masuk, karyawan tak terlalu memperhatikan gerak-gerik pelaku yang kala itu menyandang ransel di bagian depan badannya. Pelaku langsung menuju rak tempat parfum dan makanan ringan, lalu mengambil sejumlah biskuit, cokelat batangan, serta botol parfum. Semua barang tersebut langsung dimasukkan ke dalam tas. Pelaku tak lantas menuju kasir, namun langsung keluar seperti orang yang tidak membeli apa-apa.

Saat membuka pintu itulah, salah satu karyawan langsung memanggil untuk menuju kasir. Tetapi saat diminta ke kasir, ia justru keluar menuju motornya yang diparkir di depan toko. Beruntung, karyawan langsung keluar dan menahan sang pelajar tersebut, lantas dibawa masuk dan dimintai keterangan.

Menurutu Adi, pelaku yang masih berusia remaja ini ternyata sudah 12 kali mengambil barang-barang di toko. Namun, karena pelaku masih di bawah umur, karyawan dan staf keamanan minimarket masih memberi toleransi agar diselesaikan secara kekeluargaan. “Pelaku dan karyawan langsung bermaksud mendatangi rumahnya di Desa Sumber Kejayan, Mayang,” ujarnya.

Saat diantar ke rumahnya, pelaku menunjukkan jalan yang cukup rumit dan terpelosok, bahkan sampai masuk gang kecil. Di tengah-tengah perjalanan, pelaku meminta karyawan dan keamanan minimarket untuk menunggu sejenak di depan gang. “Katanya mau memanggil orang tuanya,” lanjut Adi.

Sayangnya, setelah ditunggu lama dan pelaku tak kunjung kembali, karyawan menyusul pelaku ke dalam gang. Mereka terkejut, karena setelah dicek, rumah yang dikatakan tempat tinggal pelaku ternyata kosong. Pelaku sudah kabur tanpa sepengetahuan karyawan. “Selanjutnya, pihak toko langsung melaporkan kejadian ini ke Polsek Silo,” imbuhnya.

Padahal, motor milik pelaku masih berada di halaman parkir minimarket tersebut. Akhirnya, karyawan minimarket membawa motor tersebut ke petugas berwajib. “Kepada staf keamanan dan karyawan, pelaku yang mengaku rumahnya di Sumber Kejayan ini kabur dengan barang curiannya dan meninggalkan motornya,” ujar Aiptu M Faruk, Kepala SPK Polsek Silo.

Petugas Polsek Silo, kata dia, hanya menerima laporan saja, karena karyawan hanya melaporkan kejadian di dalam toko dan pelakunya kabur. “Polsek hanya menerima titipan barang bukti saja, sementara pelaku masih kabur saat diantar untuk ketemu orang tuanya,” pungkas Faruk. (*)

 

 

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti