Ruwatan Doakan Jember, Warga Arak Gunungan Tumpeng

DOA BERSAMA: Gunungan tumpeng berisi macam-macam sayuran dan buah-buahan diarak keliling alun-alun sambil melatunkan selawat.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Sejumlah masyarakat menggelar ruwatan di Alun-alun Jember, Jumat (23/8). Puluhan tumpeng berukuran sedang dan sebuah gunungan tumpeng dipersiapakan dalam acara tersebut. Gunungan tumpeng yang berisi macam-macam sayuran dan buah-buahan itu diarak keliling alun-alun sambil melatunkan selawat.

“Ini sebagai wujud rasa syukur dalam merayakan bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagaimana sesuai tradisi nenek moyang bangsa kita,” jelas Kustiono Musri, koordinator acara melalui keterangan tertulis.

Aksi ruwatan ini menamakan gerakan Butuh Bupati Baru (B3). Beberapa di antara mereka menggunakan atribut baju Kejawen. Salah satu acara Ruwatan Bumi Jember itu juga diselipkan pembacaan macapat yang digelar tepat di depan Kantor Bupati Jember. Kegiatan ini juga diikuti warga dari berbagai etnis dan agama.

“Tidak hanya umat islam tapi umat agama lain juga turut ikut saat ini. Itu nilai-nilai pancasila yaitu beberbeda-beda tapi tetap satu” ungkapnya. Kustiono juga menjelaskan, kegiatan yang dilakukan itu untuk mendoakan bersama Indonesia dan Jember. (*)

IKLAN

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih