Porseni MI Diikuti 774 Siswa

IKUT PORSENI MI: Ratusan siswa madrasah ibtidaiyah (MI) se-Jember yang sudah diseleksi  tingkat kecamatan mengikuti Porseni MI tingkat kabupaten.

RADAR JEMBER.ID – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Jember digelar selama dua hari. Yakni sejak Rabu hingga, kemarin (22/8). Ada 774 pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pembukaan Porseni itu dilaksanakan di Lapangan Kecamatan Puger. Dibuka langsung oleh kepala Kementerian Agama (Kemenag) Jember Muhammad. Pada Porseni tahun ini, ada delapan cabang seni serta empat cabang olahraga (cabor) yang diperlombakan.

Delapan cabang seni itu di antaranya, MTQ, tahfiz, pidato bahasa Inggris, Indonesia, Arab, membaca puisi, seni lukis, dan seni kaligrafi. Sementara itu, empat cabor, yakni bulu tangkis, tenis meja, catur, serta atletik lari.

Lari 80 meter untuk putra, dan 60 meter untuk putri. Total peserta yang ikut dalam Porseni MI Jember 2019 ini sebanyak 774 siswa. Masing-masing 372 anak, baik putra maupun putri.  “Nantinya, dari hasil seleksi Porseni tingkat kabupaten ini, akan kami bawa berlaga di Porseni MI tingkat Jawa Timur. Diselenggarakan tanggal 25-26 September di Lumajang,” ujar Nasirudin, Ketua Panitia Porseni MI Jember.

Sementara itu, Muhammad, Kepala Kemenag Jember, berharap banyak kepada para peserta Porseni MI Jember kali ini. Sebab, sebelumnya, mereka sudah diseleksi terlebih dahulu di tingkat kecamatan dan menjadi wakil kontingen kecamatan di tingkat kabupaten kali ini. “Target kami menjadi juara umum. Beberapa cabang unggulan kami sudah dipersiapkan semaksimal mungkin,” jelasnya.

Beberapa cabor unggulan macam tenis meja dan bulu tangkis sudah siap bersaing di tingkat Jatim. Selain itu, di cabang seni, cabang seni kaligrafi, tahfiz Alquran, pidato bahasa Arab, dan pidato bahasa Inggris. “Tentunya, sudah kami siapkan beberapa kompetensi yang ada, sebelum berlaga di Porseni Jatim,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Bagus Supriadi