Berdalih Sibuk Temui Konstituen

Hari Pertama Sudah Bolos Kerja

“Belum ada agenda rapat, juga belum ada tatib,” Dedy Dwi Setiawan, Wakil Ketua Sementara DPRD Jember

RADAR JEMBER.ID – Hari pertama kerja, suasana gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jember tampak lengang. Selama seharian, hanya terlihat beberapa orang yang datang. Sebagian besar anggota dewan yang absen tersebut berdalih masih kelelahan setelah menemui konstituennya di rumah masing-masing.

Pantauan Jawa Pos Radar Jember, para anggota dewan yang datang kurang dari separuh dari jumlah total 50 orang. Hanya saja, jumlah ini belum bisa dipastikan, karena mereka memang datang dan pergi silih berganti. Bahkan, dari sejumlah anggota dewan, hanya Partai Nasdem yang terlihat menggelar rapat internal.

Para anggota dewan yang datang pun terlihat masih bingung untuk memasuki ruangan apa. Sebut saja, rapat internal Nasdem digelar di ruang Komisi A. Sementara itu, di beberapa ruangan lain, terlihat hanya ada satu dua orang. “Kecuali ruangan pimpinan dan wakil pimpinan sementara. Untuk yang lain ruangannya masih belum ditentukan. Jadi, Nasdem saja rapat internal di ruang Komisi A,” kata David Handoko Seto, anggota DPRD dari Nasdem saat ditemui, (22/8) kemarin.

Beberapa anggota dewan lain yang datang ke DPRD juga terlihat bingung. Bahkan, ada beberapa orang yang hanya duduk di lobi depan, serta melihat-lihat sejumlah ruangan fraksi, termasuk melihat ruangan komisi.

Informasi yang dikumpulkan Radarjember.id, beberapa anggota dewan belum bisa masuk dengan alasan klasik. Mereka mengaku harus menemui konstituennya. Dari beberapa anggota, bahkan ada yang mengaku melayani warga atau pendukungnya hingga subuh.

Ketua Sementara DPRD Jember M Itqon Syauqi menjelaskan, banyaknya anggota dewan yang tidak masuk pada hari pertama bukan rahasia lagi. Sebab, menurutnya, para anggota dewan juga bisa duduk karena jasa-jasa masyarakat. Tak heran jika setelah dilantik, mereka harus menemui banyak warga datang ke rumah anggota dewan yang baru dikukuhkan tersebut.

“Saya saja harus menemui warga sampai pukul 02.00 tadi (22/8). Jadi, itu menjadi lumrah karena anggota dewan bisa duduk di kursi DPRD atas jasa banyak orang. Tadi saja saya baru bisa masuk pukul 11.00,” jelasnya.

Tidak masuknya anggota dewan, menurut Itqon, juga karena belum ada agenda yang mengharuskan anggota dewan hadir. Dikatakannya, masing-masing anggota dewan masih harus berkoordinasi dengan partainya masing-masing untuk kepentingan pembentukan fraksi-fraksi. “Agenda rapat juga belum ada, jadi masih fokus membentuk fraksi,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Sementara DPRD Jember Dedy Dwi Setiawan. Menurut dia, banyaknya anggota dewan yang tidak masuk karena belum ada agenda rapat. Selain itu, tata tertib yang juga belum ada. “Belum ada agenda rapat, juga belum ada tatib,” paparnya.

Kedua pimpinan sementara ini menyebut, seluruh anggota dewan diharapkan bisa masuk pada Senin (26/8) mendatang. Pada kesempatan ini pula, diharapkan seluruh partai sudah selesai melakukan pembentukan fraksi atau gabungan fraksi. (*)

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Grafis Reza

Editor : Mahrus Sholih