Mahasiswa Polije Dibekali Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

TANAMKAN NASIONALISME: Mahasiswa baru Polije tengah mengikuti kegiatan bela negara dan wawasan kebangsaan di Scaba Rindam V Brawijaya, Jember.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Sebanyak 2.322 mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember (Polije) mengikuti kegiatan latihan kedisiplinan, bela negara dan wawasan kebangsaan di Sekolah Calon Bintara (Secaba) Rindam V Brawijaya Jember, Kamis (22/8).

Selama dua hari, seluruh mahasiswa itu mendapat berbagai macam materi tersebut. Ribuan mahasiswa itu dibentuk dua kelompok untuk mengikuti pelatihan guna memaksimalkan kegiatan yang diikuti.

Humas Polije Mahsus Nurmanto mengatakan, sebagai aset bangsa mahasiswa harus mempunyai pengetahuan, pemahaman dan bekal atas kecintaan dan kebanggaan terhadap negaranya. Selanjutnya, mereka juga dituntut meningkatkan kualitas wawasan kebangsaan dan bela negara.

Meski berasal dari latar belakang yang berbeda, dengan pelatihan ini diharapkan bisa menyatukan persepsi tentang kesatuan indonesia. “Ini sebagai bentuk membekali mereka lebih awal, terlebih lagi sistem belajar pendidikan vokasi yang lebih menekan pada skill dan praktikum,” jelasnya.

Pelaksanaan materi kedisiplinan, bela negara dan wawasan kebangsaan saat ini sendiri diikuti kelompok kedua, yang dimulai Rabu (21/8). Selain sebagai bekal, pelatihan ini juga untuk memberikan pengertian dan pemahaman yang lebih terkait ancaman radikalisme yang saat ini mulai masuk ke dunia pendidikan.

“Ini juga sebagai bentuk pembakala terhadap mahasiswa, agar menjadi insan yang berkepribadian dan berkarakter unggul, cerdas, jujur, tangguh, peduli dan berakhkak mulia, serta meningkatkan nasionalisme melalui kegiatan wawasan kebangsaan dan bela negara,” tuturnya.

Di samping ada kegiatan di Secaba, mahasiswa baru Polije juga mengikuti materi yang berkaitan dengan layanan akademik, kemahasiswaan, keuangan dan pemanfaatan fasilitas yang dilaksanakan di GOR Perjuangan 45 Kampus Polije. (*)

IKLAN

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih