Sekda Baru, Bondowoso Baru

Oleh : Widarso Pujianto EP

BEBERAPA hari belakangan ini, media membahas tentang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso yang baru. Akhirnya Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Samsul Arifin melantik H. Syaifullah, SE, M.Si sebagai Sekda Definitif, yang akan menjabat sebagai orang nomor satu dalam lingkungan birokrasi di Bondowoso.

Sekda merupakan posisi penting dan strategis dalam menjalankan roda pemerintahan, yang memiliki tugas untuk membantu kepala daerah dalam penyusunan kebijakan, hingga mengoordinasikan administratif pemerintahan daerah, sebagaimana tertera dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah.

Pada intinya, tugas sekda adalah membantu kepala daerah dalam proses dan penyusunan kebijakan daerah, serta melakukan koordinasi administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah dan pelayanan administratif pemerintahan daerah.

Berbicara mengenai sekda, tidak lagi hanya sebatas proses pemilihan, harapan terhadap sekda terpilih nantinya ataupun debat kusir antara siapa di antara calon sekda yang memiliki integritas dan siapa yang tidak, melainkan bagaimana sekda nantinya dapat berfungsi lebih baik dari sebelumnya.

Dalam era otonomi sekarang ini, proses penyelenggaraan pemerintahan daerah haruslah memiliki pegangan pokok agar konsep otonomi tersebut dapat berjalan sesuai dan berlaku sebagaimana mestinya. Di antara berbagai pegangan tersebut, penerapan tata kelola pemerintahan daerah yang baik (the good local governance) adalah satu prinsip yang harus menjadi perhatian khusus.

Berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance), proses penyelenggaraan pemerintahan haruslah melibatkan berbagai pihak, baik itu pemerintah sendiri, masyarakat hingga sektor swasta. Fokusnya adalah bagaimana seluruh aktor terlibat dalam proses pengambilan keputusan hingga implementasi dari kebijakan yang sudah diambil, baik dari struktur formal maupun informal hingga pelaksanaan evaluasi terhadap kebijakan tersebut barulah tercipta good governance dengan delapan karakteristiknya, yaitu: partisipasi, akuntabilitas, transparansi, rule of law, efektif, efisien, responsif, orientasi konsensus, dan equity and inclusiveness.

Untuk menciptakan good governance dalam pemerintahan Bondowoso, erat kaitannya dengan bagaimana kredibilitas dan integritas sekda Bondowoso ke depannya. Karena indikator dalam good governance tersebut, yaitu kuatnya fungsi aparatur birokrasi pemerintah daerah yang berpihak dan responsif terhadap masyarakat. Bagaimana sekda sebagai pemimpin tertinggi aparatur sipil negara (ASN) di daerah dapat mengatasi persoalan dan kebutuhan masyarakat dapat dilihat dari dua aspek, yang pertama adalah aspek internal, yang melihat bagaimana sekda nantinya mengatur hubungan antara organ-organ dalam local goverment dan masyarakat, terutama mencakup hal-hal yang berkaitan dengan struktur kelembagaan hingga mekanisme penyelenggaraan pemerintah daerah.

Aspek kedua adalah bagaimana sekda nantinya dapat menjaga keseimbangan eksternal, local government sebagai entitas sosial yang berada di tengah-tengah masyarakat harus lebih memperhatikan hubungan pemerintah dengan seluruh stakeholder sebagai wujud dari pemenuhan kewajiban pemerintah daerah.

Adapun tiga stakeholder paling dasar dalam penerapan good governance sendiri adalah pemerintah (state), masyarakat (society), dan sektor swasta (privat sector). Setiap sektor memiliki perannya masing-masing sebagaimana pemerintah berfungsi menciptakan lingkungan politik dan hukum yang kondusif, masyarakat berperan untuk membangkitkan dan membangun interaksi sosial, ekonomi, politik, dan sektor swasta berfungsi menciptakan pekerjaan dan pendapatan.

Segala bentuk perubahan ke arah yang lebih baik dalam suatu lembaga maupun dalam pemerintahan lokal, tentunya sangat dipengaruhi oleh variabel kepemimpinan, meskipun variabel lainnya ikut mempengaruhi seperti sumber daya, program, struktur intenal, hingga variabel interaksi dan variabel eksternal.

Sosok pemimpin di lingkungan pemerintahan yang mengatur seluruh ASN di Bondowoso nantinya merupakan variabel penting dalam pembangunan dan pengembagan lembaga. Bagaimana nantinya sekda yang baru dapat aktif dalam mendoktrin ASN dan menciptakan program baru, serta membina hubungan yang baik di lingkungan pemerintahan.

Doktrin adalah nilai atau tujuan yang mendasari tindakan sosial yang menggambarkan bagaimana citra dan harapan-harapan yang dituju kedepannya, ke arah good governance. Sehingga mampu memotivasi seluruh ASN di lingkungan pemerintahan Bondowoso bekerja untuk kepentingan masyarakat dan menyukseskan program pemerintah daerah.

Dalam biografinya, Bapak Syaifullah adalah putra daerah yang telah malang melintang di birokrasi kabupaten Situbondo. Yang berkeinginan memajukan Bondowoso dengan mewujudkan visi-misi bupati, Bondowoso Melesat (Mandiri ekonomi lestari, adil dalam bingkai iman dan taqwa). Dengan berkomitmen untuk bekerja keras demi kemajuan Bondowoso.

Dengan terpilih sekda Bondowoso yang baru, diharapkan mampu membangun dan menciptakan good governance yang sangat erat kaitannya dengan birokrasi daerah. Adapaun perubahan terkecil yang dapat dilihat nantinya dengan ciri-ciri minimal terbagi dalam tiga ciri, yaitu: Pertama, bentuk dan pelayanan birokrasi di Bondowoso yang lebih efektif dan efisien; Kedua, penerapan standar birokrasi untuk memudahkan masyarakat dan ASN dalam bekerja sehingga segala halnya terukur, dan; Ketiga, prilaku ASN yang ramah dan manusiawi.

Selain itu, tentunya juga diharapkan Sekda Bondowoso mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, membantu kepala daerah dalam perumusan kebijakan yang memihak kepada rakyat, menjaga dan meningkatkan prestasi ASN di Bondowoso, mampu menjadi penghubung antara eksekutif dan legislatif dengan penyelenggara birokrasi di dalam lingkungan pemerintahan Bondowoso. Tidak menjadi alat politik atau sarana untuk mencapai tujuan bagi kelompok tertentu, demi kemajuan daerah Bondowoso dan terciptanya good governance.

*Penulis adalah pemerhati pemerintahan, Guru SMPN 1 Sukosari dan Ketua MGMP Matematika SMP Bondowoso

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :