Upacara Berkostum Unik

TAMPIL BEDA: Upacara peringatan detik-detik proklamasi dilakukan oleh masyarakat Lingkungan Pagah, Kelurahan Jember Lor. Mereka mengenakan  busana daerah.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Lingkungan padat penduduk tidak menyempitkan rasa nasionalisme. Di RT 02/RW 17, Lingkungan Pagah, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, warga menggelar upacara bendera detik-detik proklamasi kemerdekaan. Lokasi tak terlalu luas. Mereka hanya menempati lahan parkir mobil milik warga berukuran 12 x 14 meter.

Semua warga mengikuti upacara d itempat tersebut, sembari menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Menariknya lagi, mulai dari pengibar bendera pusaka dan pembina upacara ala Kampung Pagah ini mengenakan kostum punggawa kerajaan nusantara.

Edi Suyanto, Ketua RT 02/RW 17, Lingkungan Pagah sekaligus pembina upacara tersebut mengatakan, persiapan kegiatan itu cukup singkat tidak lebih dari seminggu.

“Sebagai ketua RT disini saya sangat mendukung apa yang dilakukan oleh warga dan pemuda disini. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menumbuhkan semangat perjuangan dan nasionalisme terutama dikalangan generasi muda,” ungkap Edi.

Di bagian lain, Moch Haerun salah seorang warga di Lingkungan Pagah, Kelurahan Jember Lor berharap, pemuda tidak sekadar menggelar upacara bendera. Nmun bisa menerapkan nilai-nilai 45 dalam kehidupan sehari-hari.

“Upacara HUT RI seperti di Kampung Pagah ini perlu diadakan setiap tahun, agar generasi muda paham untuk memerdekakan negeri ini butuh pengorbanan jiwa dan raga,” tegas Haerun, yang kebetulan juga anggota Polres Jember itu. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Hadi Sumarsono