Kegiatan Pascasarjana IAIN Jember

Gelar Seminar Internasional, Kolaborasi Tiga Negara

GO INTERNASIONAL: Rektor IAIN Jember, Prof Babun Suharto (kiri, baju hitam), dan Direktur Pascasarjana IAIN Jember Prof Abd Halim Soebahar (tengah, bersongkok), bersama tim panitia saat membahas persiapan seminar internasional.

RADARJEMBER.ID, JEMBER – Pascasarjana IAIN Jember kembali berkolaborasi dengan tiga negara dalam menggelar seminar internasional yang akan digelar 7-8 September mendatang. Narasumber yang bakal hadir di antaranya, Prof Kamarul Shukri bin Mat Teh (UniSZA, Trengganu, Malaysia), Assoc Prof Zainal Abidin bin Sanusi (IIUM, Kuala Lumpur, Malaysia), Prof Sukree Langputeh (Fatoni University, Pattani, Thailand), dan Dr Norodin Salam (CCSPC, Cotabato, Philipina).

Sedangkan dari IAIN Jember yang menjadi pembicara seminar adalah Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Jember Dr Hepni dan Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Jember Dr Aminullah Elhady.

Rektor IAIN Jember Prof Babun Suharto menyatakan, kerjasama internasional semacam ini terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan reputasi kampus Mangli ini. Sebab, salah satu standar kampus berkualitas adalah memiliki kemampuan membangun jaringan ilmu pengetahuan tak hanya satu negara, tapi banyak negara.

“Kami terus mengagendakan berbagai kerjasama internasional, baik yang berkaitan dengan mahasiswa, dosen, maupun karyawan, dalam rangka menuju kualitas kampus yang lebih baik,” ujarnya.

Menurut dia, kerjasama internasional yang digelar Pascasarjana IAIN Jember dengan menggandeng tiga negara ini akan terus dikembangkan dengan memfokuskan pada tri dharma perguruan tinggi keagamaan Islam.

Bahkan, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mendorong para wakil dekan III bidang kemahasiswaan dan kerjasama untuk menjajagi kerjasama dengan berbagai pihak di luar negeri. “Nanti, MoU yang sudah dibuat, ditindaklanjuti dengan output berupa publikasi ilmiah yang berskala internasional,” katanya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana IAIN Jember Prof Abd Halim Soebahar menegaskan, kerjasama yang dijalin dengan tiga negara tersebut berupa seminar internasional, karya ilmiah, dosen tamu, dan penelitian kolaboratif.

Hal ini akan membuka peluang besar bagi peningkatan kualitas Pascasarjana IAIN Jember, baik yang menyangkut kepentingan mahasiswa, dosen, dan karyawan. “Diharapkan, output dari kerjasama dalam seminar internasional, karya ilmiah, dosen tamu, dan penelitian kolaboratif ini dapat memberikan luaran kualitas yang baik bagi Pascasarjana IAIN Jember,” katanya.

Sedangkan untuk seminar bertema “Spirituality and Education for Civilization Sustainability in the IR 4.0 Era” yang dilaksanakan pada 7-8 September nanti, panitia seminar memberikan ruang terbuka kepada peneliti dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan mancanegara untuk mengirimkan dan presentasi makalah (paper) tanpa dipungut biaya alias gratis.

Mereka yang berminat bisa langsung melakukan registrasi daring dengan mengikuti jadwal panitia. Dibuka pengiriman naskah mulai 24 Juli 2019 dan batas akhir pengiriman abstrak pada 15 Agustus 2019. “Temanya beragam, tetapi memfokuskan pada tantangan Revolusi Industri 4.0 dengan berbasis pada ragam prodi di Pascasarjana IAIN Jember,” ujarnya.

Menurut Halim, di antara tema yang bisa dipilih oleh calon presenter di antaranya Islamic Higher Educational and Civilization Sustainability in the IR 4.0 Era, Spirituality in Higher Educational for Peace in the IR 4.0 Era, Gender Equality in Islamic Higher Education in the IR 4.0 Era, Spirituality and Media Communication in the IR 4.0 Era.

Selain itu juga ada tema, Islamic Law Studies and Its Contribution in the IR 4.0 Era, serta Islamic Higher Education in the IR 4.0 Era: Oportunities and Challenges, Spirituality and Sharia Management System in the IR 4.0 Era.

“Nantinya, makalah terbaik yang terseleksi akan dimuat di Jurnal Pascasarjana IAIN Jember, yakni Edu Islamica dan yang lainnya dimuat dalam Prosiding ber-ISBN,” tandasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih