Gali Pekarangan, Warga Temukan Dua Mortir

BENDA BERBAHAYA: Dua mortir yang ditemukan warga saat menggali pekarangan kosong sudah diamankan di Koramil Kencong.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Warga Dusun Legong, Desa Kraton, Kecamatan Kencong, digegerkan dengan temuan dua buah mortir, Jumat (1/8) pagi. Temua mortir yang sudah berkarat itu ditemukan saat menggali bekas bengunan yang tanahnya akan dibuat untuk menutupi lahan kosong.

Temuan mortir yang sudah berkarat itu ditemukan Mulyadi, 54, warga setempat, saat mengganti bekas bangunan. Saksi curiga karena saat mencangkul dengan kedalaman beberapa puluh centimeter membentur benda sehingga berbunyi keras sekali. “Setelah dirangkul terus hingga dalam, ternyata dikejutkan dengan temuan dua benda jenis mortir tersebut,” ujar Mulyadi.

Mulyadi, mengaku kaget ketika cangkulnya menyentuh benda aneh. Apalagi suaranya cukuperas. Karena cangkul membentur benda itu hingga berbunyi, membuatnya bertambah penasaran. Setelah semakin dalam, ternyata ada dua mortir yang diduga peninggal zaman Belanda yang tempatnya berdekatan. “Karena takut meledak, akhirnya saya gali menggunakan tangan,” akunya.

Informasi ini langsung tersebar ke warga sekitar. Saat itu juga, warga mendatangi lokasi karena ingin tahu benda yang ditemukan. Selanjutnya, peristiwa ini dilaporkan ke pihak Koramil Kencong.

Serka Eyas, anggota Koramil Kencong mengamankan dua benda berbahaya. Sesuai perintah Danramil, kata dia, untuk sementara diamankan di koramil setempat sambil menunggu pihak kodim turun ke lokasi. “Kami minta petunjuk pimpinan dan kami amankan dulu mortir ini demi keamanan warga,” katanya.

Lebih lanjut dia mengimbau agar warga berhati-hati ketika menggali tanah. Karena di kawasan penemuan itu dulu adalah sungai dan kemungkinan itu memang mortir bekas perang. “Mungkin mortir itu tidak sempat meledak,” ucapnya. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih