Pramuka Jaga Keutuhan Bangsa

TERHIBUR: Ir Hj Amperawati, Wakil Bupati Lumajang ditemani PJ Sekda dan Kapolres Arsal menyaksikan hiburan parade kolosal Pramuka Lumajang dan aksi polisi cilik di Alun-Alun Lumajang.

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Sebagai generasi penerus bangsa, Pramuka diharapkan turut hadir membantu memberikan kontribusi dalam pembangunan manusia. Maraknya kasus korupsi, kolusi, nepotisme (KKN), paham radikalisme, terorisme, dan penggunaan narkoba merupakan tantangan yang harus di dihadapi.

Oleh karena itu, Pramuka harus berada di garda terdepan menjadi benteng melawan dan menjaga keutuhan bangsa.Itulah yang menjadi imbauan, kemarin. Ir Hj Indah Amperawati, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Lumajang memandang seluruh aktivitas kegiatan Pramuka termasuk gerakan dalam membangun negeri.

Sistem yang terbangun di dalamnya setidaknya terdapat unsur pendidikan formal maupun informal. “Penyelarasannya dapat menjaga keutuhan bangsa,” ujarnya dalam Apel Hari Pramuka di Alun-Alun Lumajang, kemarin.

Selain itu, Pramuka sebagai benteng bangsa harus mampu melawan paham radikalisme dan terorisme. Merebaknya paham tersebut harus diantisipasi sendiri. “Kita ini pionir terdepan bangsa untuk melawan kejahatan itu,” tambahnya.

Terlebih, dengan kemajemukan keberagaman suku budaya dan adat. Itu semua merupakan modal dalam membangun dan menjaga bangsa dari pengaruh yang jahat. “Sikap toleransi harus dibangun. Sehingga kita menjadi benteng untuk menghadapi radikalisme dan terorisme,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bunda Indah, sapaan akrab Wakil Bupati Lumajang ini, menjelaskan bahwa anggota Pramuka merupakan pribadi yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Keberadaannya selalu siap sedia membangun keutuhan NKRI. Itu semua merupakan tekad dan iktikad gerakan Pramuka. “Terlebih, menjadi bagian terdepan menanamkan nilai-nilai luhur,” pungkasnya.

IKLAN

Reporter : mg2

Fotografer : mg2

Editor : Hafid Asnan