Peternakan Syariah Bondowoso dilirik MUI Pusat

KAMPUNG TERNAK: Inilah foto peternakan yang dikelola Kopeasi Ternak Syariah Mitra Subur, Desa Karanganyar, Tegalampel.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Ternak menjadi mata pencaharian yang menjanjikan. Hal ini dibuktikan oleh masyarakat Desa Karanganyar, Tegalampel. Khususnya para anggota Koperasi Ternak Syariah Mitra Subur. Bahkan karena perkembangannya yang bagus, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, melirik peternakan ini.

Ketua Koperasi Ternak Syariah Ifan Kurniawan mengatakan, saat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sempat ada rombongan dari MUI pusat. Usai dari agenda resmi dengan gubernur, tim dari MUI sempat berkunjung ke kandang milik koperasi. “Saat itu melihat ada potensi untuk ekspor,” jelasnya.

Sebagai tindaklanjut, Ifan diundang ke Kantor Gubernur Jatim, kemarin (14/8). Hal itu sebagai tindaklanjut rencana Pusat Bisnis Syariah (PINBAS) yang merupakan program MUI pusat. Ketika kegiatan itu berlanjut, maka akan ada rencana ekspor ke Amerika Serikat.

Ifan berharap, rencana itu ada tindaklanjut yang baik. Sebab akan berdampak bagi masyarakat Bondowoso. Selama ini pihaknya telah mengembangkan mitra ke berbagai titik di Bondowoso. Sehingga ketika ada ekspor, bisa memperkuat pasar.

Dijelaskan, selama ini koperasi telah mengelola ribuan kambing dang ratusan sapi. Potensi Bondowoso yang menjadi lumbung ternak, adalah salah satu keunggulan tersendiri. Sampai saat ini, setiap bulan kampung ternak ini bisa mengirim ternak sekitar 1.500 ekor.

Alumnus IAIN Jember ini mengungkapkan, setiap mitra atau kambing program penggemukan, bisa panen sekitar 2 bulan-nan. Termasuk kambing yang ada di kelomok masyarakat yang bermitra. Kelompok masyarakat ini, bisa menjadi  mitra karena disupport perbankkan.

Selain itu, kambing yang dikelola sudah hasil seleksi dari kandang Karanganyar. Khusus untuk penggemukan, kambing yang didistribusikan ke mitra untuk penggemukan, tidak lagi makan dedaunan. Namun sudah makan bahan yang sengaja dibuat oleh kandang di Karanganyar. Ketika permintaan pasar meningkat, maka kesempatan besar bagi msyarakat untuk meningkatkan ekonomi. (*)

IKLAN

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor :