Ombak Besar, Tangkapan Ikan Turun

TAWAR MENAWAR: Aktivitas pedagang dan pembeli di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Puger.

RADAR JEMBER.ID  Tingginya ombak sejak beberapa pekan lalu memengaruhi hasil tangkapan ikan para nelayan. Jika pada cuaca normal nelayan bisa menangkap berbagai jenis ikan, namun saat cuaca ekstrem dan ombak besar, mereka hanya bisa menangkap ikan jenis  tertentu saja.

Riyan Hidayatullah, salah seorang nelayan Pantai Pancer mengatakan, cuaca ekstrem kerap memengaruhi hasil tangkapannya. “Tangkapan yang banyak mulai kemarin hanya jenis ikan lemuru. Mungkin karena cuaca,” katanya.

Nelayan asal Dusun Manggaran, Desa Puger Wetan, ini mengaku sudah biasa melaut dengan tangkapan seadanya. Bahkan, saat cuaca kurang bersahabat atau ombak tinggi sekalipun, pemuda 23 tahun itu tetap berangkat melaut bersama bapak atau teman-temannya. “kalau tidak melaut, ga dapat ikan, Mas. Ga dapat ikan berarti ga bisa dapat uang,” tuturnya.

Menurunnya hasil tangkapan itu juga dialami oleh sejumlah nelayan lainnya. Roni, salah seorang nelayan asal Desa Mojosari yang mengaku terbiasa melaut mulai sore hingga pagi hari itu juga menuturkan hal yang sama. “Harga tongkol saat ini murah di pasaran, karena mulai kemarin tangkapan paling banyak adalah jenis ikan itu,” tuturnya.

Sebab, jika tangkapan nelayan hanya jenis lemuru dan tongkol saja, maka untuk komoditas ikan lain akan langka di pasaran dan harganya bisa saja mahal. Roni meyakini bahwa kondisi tersebut tidak akan bertahan lama. “Mungkin seminggu atau sebulan kemudian tangkapan kembali normal. Tak hanya tongkol dan lemuru, tapi beragam jenis ikan lainnya,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Maulana

Fotografer : Maulana

Editor : Bagus Supriadi