Layani Warga dengan Pakaian Adat

KEARIFAN LOKAL: Petugas di Kantor Lurah Gebang melayani seluruh tamu dan masyarakat yang datang dengan mengenakan pakaian adat dan kostum pejuang.

RADAR JEMBER.ID – Pelayanan di Kantor Lurah Gebang, Kecamatan Patrang, sejak beberapa waktu lalu tampak berbeda dari hari-hari biasanya. Seluruh staf dan lurah serta perangkat Bhabinsa mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Langkah ini dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Proses pelayanan kepada warga yang datang ke kantor pun menjadi lebih semarak. Warga menjadi tidak bosan dengan seragam aparatur sipil negara (ASN) yang biasanya didominasi warna cokelat. “Ini sekaligus mengingatkan kita bahwa bulan Agustus ini adalah bulan milik pejuang kemerdekaan,” ujar Sugiartono, Lurah Gebang.

Inisiasi berpakaian daerah ini, lanjut dia, juga menjadi bentuk cermin persatuan dan kesatuan dalam keragaman, yang digagas dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika, untuk memperkokoh NKRI. Dirinya mewajibkan semua stafnya untuk berpakaian serupa. “Ada juga staf yang pakai baju sendiri ataupun menyewa di salon,” imbuhnya.

Tak hanya staf kelurahan, berbagai kelompok masyarakat juga mengenakan pakaian yang sama selama proses pelayanan. Di antaranya Forum Komunikasi Rukun Warga (FKRW), Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM), hingga Asosiasi Guru Ngaji (AGUNG) wilayah Gebang juga melakukan hal yang sama.

Pemandangan ini tentu tidak biasa bagi warga. Sunarti, ibu rumah tangga yang tinggal di Perumahan Gebang, mengaku kaget setelah melihat seluruh staf menggunakan pakaian adat. Dia sempat pangling ketika masuk ke ruangan untuk mengurus surat-surat. “Ternyata saya baru ingat kalau ini dalam rangka Agustusan,” ujar Sunarti. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti