Difasilitasi Polije, UMKM Dapat Bantuan Kemenristekdikti

DAPAT BANTUAN: Mesin pemanggang kue bantuan dari Kemenristekdikti untuk pelaku UMKM di Jember. Bantuan peralatan ini untuk meningkatkan kapasitas produksi UMKM.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan kemitraan bersama Politeknik Negeri Jember (Polije) di bidang pogram pengabdian kepada msyarakat. Yakni berupa pembinaan sekaligus pendampingan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember.

Salahsatu UMKM binaan Kemenristekdikti dan Polije tersebut adalah usaha rumahan camilan berbahan mocaf (tepung singkong), yang beralamatkan di Desa Kraton, Kecamatan Kencong.

Dosen Politeknik Jember Prodi Agribisnis Sundari mengatakan, kemitraan tersebut ditindaklanjuti oleh Kementerian dengan memberikan bantuan alat pembuatan kue berupa oven dan mixer senilai Rp 23 juta. Menurutnya, mendapatkan bantuan ini tidaklah mudah, karena pihak perguruan tinggi terlebih dahulu mengirimkan proposal pengajuan kepada Kemenristekdikti.

“Untuk bisa lolos mendapatkan bantuan harus melalui proses seleksi nasional dari usulan perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia,” ungkap Sundarii.

Wanita kelahiran Sumenep Madura itu menyampaikan, tidak menutup kemungkinan UMKM penerima bantuan dari pemerintah bakal kembali memperoleh bantuan, asal ada peningkatan kapasitas produksi karena tuntutan pasar.

Sementara itu, Dian Nita, pelaku UMKM penerima bantuan dari Kemenristekdikti, mengaku menggeluti usaha pembuatan kue dan camilan itu lantaran hobi dan telah dilakukan sejak 2016 lalu. “Rasanya senang sekali bisa menerima bantuan dari pemerintah. Ini sangat membantu saya saat melakukan proses produksi,” ujarnya. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih