Bendera Sepanjang 45 Meter Meriahkan Kirab Merah Putih

MERAH PUTIH RAKSASA: Puluhan pelajar SMA Negeri 2 Jember membawa bendera ukuran raksasa saat berlangsungnya Kirab Merah Putih.

RADARJEMBER, JEMBER- Ratusan orang mengikuti kegiatan kirab merah putih menempuh jarak 5 Km, Kamis (15/8). Kegiatan memperingati HUT ke-47 RI ini diberangkatkan dari Gedung Dewan Harian Cabang (DHC) 45 di Jalan Bengawan Solo, dan berakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kecamatan Patrang. Di TMP agenda dilanjutkan dengan tabur bunga.

Kirab merah putih tersebut diikuti lebih dari 500 orang. Seperti pelajar, mahasiswa, organisasi masyarakat (ormas), anggota Kodim 0824 Jember Pol PP dan difabel yang menggunakan motor roda tiga. Menariknya, di kirab itu dibentangkan bendera merah putih berukuran 45×5 meter oleh 72 pelajar SMA Negeri 2 Jember.

Penanggung Jawab Kirab Merah Putih, Mashoeri Tohir menegaskan, kirab ini pertama kali diadakan tahun 2018 lalu dan tahun ini pesertanya meningkat. “Kirab ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda, agar tidak melupakan jasa pahlawan. Karena itu mereka kita ajak tabur bunga di TMP,” jelasnya.

Sementara itu, Ahsin Kusuma Mawardi, tokoh masyarakat Jember mengutarakan, ia sangat mendukung terselenggaranya kirab tersebut karena dinilainya sangat bermanfaat membangun rasa cinta tanah air. “Luarbiasa sekali Kirab Merah Putih pagi ini. Kegiatan itu merupakan bentuk penghargaan terhadap jasa pahlawan, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan,” ungkapnya. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih