PMI Dukung Penghijauan yang Dilakukan Kodim 0824 Jember

Tanam Pohon Kurangi Dampak Tsunami

DEMI ANAK CUCU: Jajaran partisipan yang hadir turut menanam bibit pohon cemara udang demi melestarikan lingkungan dan mengurangi dampak bencana alam.

RADAR JEMBER.ID – PMI Kabupaten Jember aktif mendukung upaya preventif mengurangi dampak bencana alam dalam bentuk penghijauan. Kegiatan itu dilakukan Kodim 0824 Jember di Pantai Nyamplong, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Jember.

Penghijauan dipimpin langsung oleh Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, yang didampingi Ketua PMI Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH, kemarin (13/8). Penghijauan juga didukung Muspika Gumukmas, PT Delta Guna, mahasiswa KKN STIE Mandala dan Unej, serta elemen lainnya.

Menurut Dandim 0824 Jember Letkol Arif, saat ini banyak lahan hijau yang beralih fungsi. Karena itu, kegiatan penghijauan ini dilakukan untuk memelihara dan memperbaiki alam, karena makin banyak lahan hijau yang beralih fungsi. “Selain itu, untuk mengurangi polusi udara, mencegah abrasi, dan mengurangi dampak tsunami,” ujarnya.

Dirinya menyaksikan sendiri bagaimana pohon-pohon di pantai mengurangi dampak signifikan tsunami, ketika kejadian tsunami Aceh 2004 silam. Baginya, penghijauan di lahan-lahan kritis bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. “Tidak hanya menunggu pemerintah saja, tapi ini tanggung jawab kita bersama,” terangnya.

Kepedulian itu, lanjut dia, bisa dimulai dari hal yang kecil. “Kita awali dengan hal-hal yang kecil dengan menanam pohon di rumah, jaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH sangat mendukung upaya untuk menghijaukan Pantai Nyamplongan Kobong dengan cemara udang. “Kami kerahkan puluhan relawan untuk ikut membantu menanam bibit cemara udang di Pantai Nyamplongan,” kata Zaenal Marzuki.

Efek dari kegiatan penghijauan ini juga bisa dinikmati oleh generasi mendatang demi kelestarian alam. Sekaligus untuk mengurangi risiko dampak bencana alam seperti abrasi, tsunami, dan lainnya. “Langkah seperti ini harus terus dilakukan. PMI akan selalu mendukung kegiatan penghijauan. Dan akan ikut aktif juga melakukan penghijauan di lahan kritis lainnya,” terangnya. (*)

IKLAN

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti