Pentingnya Vaksinasi Meningitis

KONSULTASI VAKSINASI: Saat ini RSU Kaliwates Jember dapat melayani masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi meningitis dan influenza.

RADAR JEMBER.ID – Meningitis merupakan salah satu penyakit mematikan yang jarang diketahui banyak orang. Meningitis dapat menyerang siapa saja di segala golongan usia. Lantas apakah yang dimaksud meningitis?

Meningitis merupakan penyakit peradangan pada selaput otak yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit. Gejala awal yang paling sering ditemukan pada penderita meningitis seperti demam, sakit kepala, kaku pada leher, serta gangguan pada sensorik tubuh.

Faktor yang membuat seseorang lebih mudah terserang meningitis yaitu karena daya tahan tubuh yang lemah, memiliki riwayat penyakit diabetes, dan belum melakukan vaksin meningitis. Meningitis dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat dan melakukan vaksinasi meningitis. “Vaksin meningitis sangat dianjurkan bagi masyarakat agar tidak terjangkit penyakit meningitis,” ujar dr Martha, Kepala Bidang Pelayanan Medis RSU Kaliwates.

Orang yang telah melakukan vaksinasi meningitis memiliki risiko lebih kecil terpapar virus tersebut. Sebab, vaksinasi meningitis mengandung antigen yang akan merangsang sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan antibodi dalam tubuh.

Seperti yang diketahui, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan keluar negeri diwajibkan untuk melakukan vaksinasi, yang dibuktikan dengan penerbitan International Certificate of Vaccination (ICV). “RSU Kaliwates Jember hadir demi mengakomodasi hal tersebut. Masalah legalitas, kami berada dalam pengawasan Kantor Kesehatan Pelabuhan II Probolinggo,” tegasnya.

Masyarakat Jember yang ingin melakukan vaksinasi meningitis, dapat melakukannya di RSU Kaliwates Jember. RSU Kaliwates Jember kini memiliki layanan unggulan Poli Vaksin yang pertama di wilayah Tapal Kuda. “Saat ini RSU Kaliwates Jember dapat melayani masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi meningitis dan influenza. Terlebih bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri seperti haji dan umrah,” imbuh dr Martha.

Layanan Poli Vaksin RSU Kaliwates Jember buka hari Senin sampai dengan Sabtu. Ditangani langsung oleh dokter profesional, andal, dan kompeten yang dapat membantu masyarakat dalam melakukan vaksinasi. Pelayanan mudah, cepat, dan hemat menjadi salah satu faktor untuk melakukan vaksinasi di Poli Vaksin RSU Kaliwates Jember. Mari konsultasikan kesehatan Anda ke RSU Kaliwates Jember dengan menghubungi Specialist Center di Nomor 0331-483-309 atau Instalasi Gawat Darurat (IGD) di nomor (0331) 483505. Pendaftaran juga dapat melalui WhatsApp di nomor 0821-4109-1945. RSU Kaliwates Sahabat Kesehatan Anda. (*)

IKLAN

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti