Crane Ambruk secara Mendadak

Pekerja dan Karyawan Dimintai Keterangan

DIEVAKUASI: Petugas proyek pembangunan gedung kembar di area FKG Unej langsung melakukan evakuasi crane yang ambruk menimpa rumah warga.

RADAR JEMBER.ID – Polres Jember terus melakukan penyelidikan ambruknya crane yang menimpa 3 rumah warga dan mengakibatkan satu orang terluka. Crane yang berada di depan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Universitas Jember, tersebut ambruk secara mendadak. Karena itu, pekerja dan karyawan dimintai keterangan.

Kasat Reskrim Polres Jember AKP Yadwivana Jumbo Qantasson mengatakan, pihaknya melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) serta mengumpulkan bahan keterangan (pulbaket), kemarin (13/8). “Kalau (Senin) kemarin kan kita hanya meminta keterangan dari 2 orang, yakni operator sama pimpinan proyek.

Sekarang, kata dia, para pekerja dan karyawan proyek dimintai keterangan oleh polisi. Menurut Jumbo, crane yang digunakan CV HK Nindya itu ada dua. Satu adalah crane utama, sementara satunya lagi adalah mobile crane yang berfungsi untuk menurunkan crane yang sudah selesai. “Operatornya dan orang-orang yang bertanggung jawab di situ kita pulbaket dan kita interogasi, untuk kemudian kita ambil keterangannya,” tambah Jumbo.

Hasil penyelidikan sementara, mobile crane yang sedianya akan membongkar crane-nya, bagian selingnya turun. “Jadi, seling yang untuk mengangkat atau menahan crane turun ke bawah secara pelan-pelan, itu turun mendadak,” ujarnya. Namun, Jumbo belum berani memastikan apakah turunnya seling itu ada faktor human error.

Jumbo melanjutkan, pihaknya tidak menemukan adanya seling yang putus. “Fakta yang ada, seling itu turun secara mendadak ke bawah. Ini yang masih kami dalami,” ujarnya. Disinggung soal penggantian rumah warga yang rusak dan korban luka, pihaknya tidak mau mencampuri. “Untuk tanggung jawab kepada warga, itu urusan perusahaan. Yang jelas, kita fokus melakukan penyelidikan. Apakah ada unsur kelalaian, ini yang kita dalami,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, alat pengangkat konstruksi proyek bangunan atau crane patah dan menimpa tiga rumah di sekitar Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unej, Senin (12/8) siang. Crane yang ambruk itu sedang digunakan untuk proyek pembangunan gedung kembar di area FKG Unej. Selain merusak rumah warga, kejadian itu juga melukai Sukri, 45, warga setempat yang saat itu memperbaiki toilet. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Bagus Supriadi