Mahasiswa Thailand Idul Adha di Unej

BERSALAMAN: Para mahasiswa asal Thailand yang menempuh pendidikan di Universitas Jember berkumpul seusai salat Idul Adha.

RADAR JEMBER.ID – Ada yang menarik dalam pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Al Hikmah Kampus Tegalboto Universitas Jember (11/8). Puluhan mahasiswa memakai baju khas Melayu, atau lebih dikenal sebagai baju Teluk Belanga, tampak memenuhi Masjid Al Hikmah. Warna pakaian mereka mencolok, di antaranya hijau, hitam, dan merah muda.

Hal itu membuat banyak jamaah lain bertanya-tanya, siapa mereka? Jika dilihat dari logat bahasanya, mereka menggunakan bahasa Melayu seperti warga negara jiran, Malaysia. Namun,  mereka adalah para mahasiswa asal Provinsi Pattani, Thailand. “Jadi, beginilah yang kami lakukan jika merayakan hari besar Islam, khususnya Idul Fitri dan Idul Adha,” kata Sulaiman Saha, mahasiswa asal Thailand yang menjadi koordinator kegiatan tersebut. Tradisi mereka adalah berkumpul bersama kawan-kawan sesama asal Pattani.

Hal itu mereka lakukan karena mereka tidak mungkin pulang kampung selama dalam masa studi. Menurut Sulaiman, khusus di peringatan hari raya seperti Idul Fitri dan Idul Adha, mereka memutuskan berkumpul dan memakai pakaian khas Pattani. “Untuk Idul Adha tahun ini, kami memutuskan berkumpul di Masjid Al Hikmah Kampus Tegalboto,” imbuhnya.

Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jember ini mengatakan, jumlah mahasiswa dan mahasiswi asal Pattani di Jember cukup banyak, ada 150 orang. Sebanyak 100 orang di antaranya adalah perempuan.

Mereka tersebar di beberapa perguruan tinggi di Jember. Di antaranya Universitas Jember, IAIN Jember, serta Pondok Pesantren Nurul Islam Antirogo, Jember. Selain mengobati rindu pada kampung halaman, kegiatan perkumpulan itu juga menjadi ajang memberikan semangat dan berbagi pengalaman bagi anggota baru. “Mahasiswa asal Pattani di Jember tergabung dalam paguyuban, agar bisa saling membantu. Membantu adik-adik  yang baru datang ke Jember,” tuturnya. Tahun ini, ada beberapa calon mahasiswa baru asal Pattani yang akan kuliah di Jember.

Hasan, mahasiswa Pattani lainnya menambahkan, setelah salat Idul Adha, dia  akan bersilaturahmi ke rumah saudara dan handai tolan, sambil menikmati masakan khas Pattani seperti kari daging sapi. “Untunglah suasana di Jember tidak terlalu jauh berbeda dengan kondisi Pattani,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi