Dana Lebih Akan Dibuat Apa?

Bupati Jember dr Faida MMR

RADAR JEMBER.ID – Dana untuk pemilihan kepala desa (pilkades) di 161 desa berpotensi bakal lebih besar. Sebab, ada dugaan tumpang tindihnya RAB yang sudah ditetapkan melalui musyawarah desa (musdes) dengan kebutuhan yang dianggarkan dalam APBD Kabupaten Jember tahun 2019. Lalu, dana lebih itu akan dibuat apa?

Bupati Jember dr Faida MMR mengatakan, pihaknya menunggu tim monitoring dan evaluasi (monev) dari panitia pilkades kabupaten. Mereka akan turun ke lapangan.

Tanpa ada laporan dari tim monev, bupati belum memberikan jawaban atas kemungkinan kelebihan biaya pilkades. “Besok kan tim monev baru datang, dari tim monev itu ada laporan,” ujarnya.

Sebab, anggaran itu akan dilaporkan pada bupati melalui camat. Setelah dimonev, anggaran itu akan mendapat persetujuan dari bupati. “Saya belum bisa menjawab karena timnya baru akan turun besok,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemasdes) Edy Budi Susilo menyampaikan, tim monev akan turun pada hari Kamis (15/8). Dikatakannya, akan ada 16 tim yang nantinya setiap tim akan menangani sepuluh desa yang menggelar pilkades. “Tolong seluruh berkasnya disiapkan,” kata Edy Budi di pengujung acara sosialisasi dana desa di Aula PB Soedirman. (*)

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi