55 Pelajar Akan Jadi Pengibar Bendera

LATIHAN: Para siswa yang terpilih menjadi paskibrakan Bondowoso 2019 saat menjalani latihan di Alun-alun RBA Ki Ronggo

RADAR JEMBER.ID – Sebanyak 55 siswa menjalani latihan terakhir sebagai petugas paskibraka di Alun-alun RBA Ki Ronggo, kemarin. Mereka adalah siswa dari berbagai sekolah yang telah lolos menjalani tes paskibraka 2019. Para petugas ini akan dikukuhkan Bupati Bondowoso sehari menjelang peringatan kemerdekaan.

Kabid Integrasi Bangsa Bakesbangpol Khusnuddin mengatakan, selain siswa ada 19 TNI yang bertugas. Mereka sudah memulai latihan sejak 27 Juli 2019. Latihan itu digelar terus-menerus karena sakralnya peringatan kemerdekaan. “Kondisi fisik siswa yang terpilih itu sudah cukup bagus. Ada yang pingsan dalam latihan itu biasa,” terangnya.

Para petugas paskibraka ini akan dikukuhkan pada 16 Agustus 2019 di Pendapa Bupati Bondowoso. Pagi 17 Agustus 2019 mereka bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih. Sore harinya juga ada yang bertugas dalam Parade Senja. Yakni penurunan Sang Sangka Merah Putih.

Imam Darwoto, salah seorang pelatih mengatakan, awal kali yang sangat berat adalah menyamakan langkah. Sebanyak 55 siswa itu berasal dan berbagai sekolah. Sehingga perlu menyamakan irama langkah mereka. “Jadi siswa yang terpilih ini adalah siswa dari berbagai sekolah yang telah lolos tes tulis, tes kesehatan sampai PBB,” ujarnya.

Beberapa sekolah yang siswanya terpilih diantaranya SMAN 1 Tenggarang, SMAN 2 Bondowoso, SMAN 1 Bondowoso, SMKN 1 Bondowoso, SMKN 3 Bondowoso sampai SMAN 1 Tapen. Siswa yang terpilih mendapat penanganan fisik tersendiri. Mereka terus dilatih oleh instruktur dari Kodim 0822 Bondowoso.

Imam Darwoto menambahkan, paskibraka selalu dipilih dengan selektif setiap tahunnya. Sebab ada makna tersendiri. Yakni pembentukan watak dan kepribadian serta mengarahkan perilaku dan sikap mental sebagai generasi penerus bangsa kedepan. Sekaligus mengarahkan pada siswa agar dapat meneladani jiwa dan semangat juang para pahlawan pendahulu bangsa yang telah mempertahankan dan menegakkan Kemerdekaan NKRI. “Harapannya kedepan dapat tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa dan menjadi pemuda pemudi bangsa,” tegasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor :