Pantai Bambang Terkikis Aliran Sungai

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Keberadaan muara sungai yang melewati wisata Pantai Bambang mulai mengkhawatirkan. Sebab, gundukan pasir di dekat wisata tersebut terancam terkikis. Itu merupakan abrasi serius apabila dibiarkan terus-menerus.

Padahal, dari titik muara Sungai Regoyo menuju tempat wisata, awalnya berjarak 700 meter. Namun, karena volume air meningkat, aliran sungai melebar sampai ke timur. “Dulu sempat ada bendungan, namun jebol karena banjir. Akhirnya, meluber ke tempat wisata Pantai Bambang sini,” ujar Busari, salah satu pengelola wisata Pantai Bambang.

Selama dua tahun ini, masyarakat pengelola wisata dikhawatirkan dengan muara sungai yang terus melebar ke timur. Sebagian dari mereka meng anggap muara sungai yang melewati sepanjang bibir pantai bisa menyebabkan abrasi serius. “Apalagi ketika musim hujan dan banjir, muara tersebut bisa menjalar sampai melewati tempat ini,” tambahnya.

Lebih-lebih ketika ombak sedang tinggi-tingginya. Ombak bisa menerobos daratan wisata di sana. Itu tak lepas karena bibir pantai wisata semakin rendah akibat abrasi. “Dulu pada 2017 akhir, sempat air laut sampai ke parkiran motor,” tambahnya.

Nawawi, salah satu tokoh masyarakat setempat menjelaskan, kondisi tersebut berlarut larut hingga saat ini. Dia mengakui, dulu sempat ada bendungan yang menahan tekanan air supaya tidak sampai ke timur, yang merupakan kawasan wisata. “Ketika ada bendungan, air muara itu langsung menuju pantai, tidak melebar sampai sini,” tambahnya.

Pihaknya berharap pemerintah membuatkan bendungan di titik muara. Sebab, aliran itu menjadikan gundukan pasir di sekitar wisata semakin menyusut. Tidak menutup kemung kinan, ombak bisa mencapai daratan tempat orang berwisata. “Jarak pantai dengan daratan sekarang cuma kurang lebih 7 meter, kalau dibiarkan bisa menyusut sebelah-sebelah sini,” pungkasnya sambil menunjuk warung yang berde katan dengan bibir pantai.

IKLAN

Reporter : mg2

Fotografer : mg2

Editor : Hafid Asnan