Wujudkan Mimpi Jadi Barista, Pilih Kerja di Kafe

MENJEMPUT  IMPIAN: Damian salah seorang barista di Ambulu telah lama belajar meracik kopi. Kini dia tergolong sukses sebagai barista.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Profesi barista atau peracik kopi menjadi impian anak muda zaman now. Makanya tak heran, bila ada sebagian dari mereka memilih kerja di kafe untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Namun ternyata, jadi barista itu tidaklah gampang. Karena meracik kopi itu tidak sekedar urusan menyeduh kopi saja. “Sepintas gampang. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang barista. Seperti suhu air, cara menyeduh air, serta perbandingan kopi dengan air,” ungkap Damian Cahyo Setyo Hutomo, manajer salah satu café di Ambulu.

Meski saat ini, pemuda kelahiran Malang itu kini sukses meniti karir menjadi seorang barista dan tergabung sebagai anggota Pegiat Kopi Ambulu (Peka). Namun ia tetap menyempatkan diri memperdalam ilmu meracik kopi dari warung ke warung, kedai ke kedai, dan kafe-kafe.

“Jadi barista itu keren dan mengasyikan. Selain itu, profesi barista sangatlah menjanjikan. Menjadi barista di kafe itu ada dua ilmu sekaligus yang diperoleh. Selain ilmu meracik kopi, juga tahu bagaimana cara mengelola kafe,” katanya.

Sementara itu, Fais Maulana salah seorang barista di salah satu café yang di Jalan Karimata Jember mengatakan, meracik kopi adalah sesuatu hal yang baru bagi alumni SMK Negeri 3 Jember ini, karena saat ia sekolah lebih memperdalam ilmu tata boga sesuai jurusannya.

“Saya jadi barista baru dua bulan ini, ternyata meracik kopi itu dibutuhkan keahlian khusus. Kepuasan seorang barista bila tidak ada komplain dari pelanggan kafe. Terkadang ada komplain dari mereka, seperti rasanya terlalu pahit atau hambar rasanya,” papar Fais. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih