PMI Himpun Enam Ekor Kambing

IKUT BERKURBAN: Keluarga besar PMI Jember turut memperingati Hari Raya Idul Adha dengan menghimpun kambing kurban dari masyarakat dan membaginya untuk kaum duafa.

RADAR JEMBER.ID – Hari Raya Idul Adha yang jatuh kemarin (11/8) menjadi momen bagi seluruh masyarakat muslim untuk berkurban dan membagikannya kepada kaum yang kurang mampu. Inisiasi ini juga dilakukan oleh keluarga besar PMI Kabupaten Jember, yang memperingatinya dengan menyembelih hewan kurban dan membagikan kepada masyarakat sekitar.

Tak kurang dari enam ekor kambing berhasil dihimpun PMI Kabupaten Jember. Terdiri atas satu ekor kambing dari masyarakat dan lima ekor kambing berasal dari pengurus internal dan pegawai PMI Kabupaten Jember. “Alhamdulillah, Hari Raya Idul Adha sekarang terkumpul enam ekor kambing dan sudah didistribusikan kepada warga sekitar,” ujar Ketua PMI Kabupaten Jember EA. Zaenal Marzuki.

Ibadah kurban ini, lanjut dia, bermakna semakin dekat atau mendekatkan. Karena itu, dirinya berharap spirit Idul Adha kali ini dimanfaatkan oleh keluarga besar PMI Kabupaten Jember untuk semakin mendekat ke masyarakat dan selalu berbuat kebaikan. “Mudah-mudahan tahun depan akan lebih banyak lagi masyarakat maupun keluarga besar PMI Kabupaten Jember yang berkurban,” imbuhnya.

Hal ini, lanjut dia, sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah. Zaid ibn Arqam, ia berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Kurban adalah sunahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan kurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (*)

IKLAN

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti