Pembayaran Non Tunai Dinilai Lebih Efisien

LEBIH MUDAH: BI Jember mengampayekan penggunaan model pembayaran non tunai. Seperti yang dilakukan di SMKN 3 Jember beberapa waktu lalu. Sosialisasi itu bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Jember.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Dirasa ribet dan memerlukan waktu lama dalam proses pengurusannya, menjadi salah satu alasan masyarakat enggan menggunakan pembayaran non tunai. Tapi nyatanya, banyak manfaat yang bisa dirasakan masyarakat saat menggunakan model pembayaran cashless tersebut.

Kini, Bank Indonesia (BI) tengah gencar menyosialisasikan Gerakan Nasional Non Tunai. Menurut Kepala Unit Pengawasan SP, PUR & Keuangan Inklusif BI Cabang Jember Cici Amelia Azwen, pembayaran non tunai sama halnya dengan elektronifikasi. Yaitu upaya terpadu dan terintegrasi untuk mengubah pembayaran dari tunai menjadi non tunai. “Dengan elektronifikasi akan lebih memudahkan masyarakat dalam bertransaksi,” jelasnya.

Selain itu, dia melanjutkan, banyak manfaat yang bisa dirasakan. Seperti pembayaran sesuai harga yang tertera dan akses lebih luas. Sehingga meningkatkan akses masyarakat. Selain itu, juga lebih transparan dan dapat membantu pencegahan dan identifikasi kejahatan kriminal, serta perencanaan ekonomi lebih akurat. Karena setiap transaksi tercatat lebih lengkap. Sehingga perencanaan lebih akurat.

“Kami berusaha mengubah mindset orang Indonesia untuk lebih suka memakai non tunai dari yang semula tunai. Karena elektronifikasi lebih efektif dan efesien,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih