Sambut Idul Adha dengan Pawai Obor

Pawai obor yang dilakukan oleh santri di Semboro untuk menyambut datangnya Idul Adha.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Ratusan santri Al Muhajirin, Dusun Semboro Pasar, Desa/ Kecamatan Semboro mengerahkan seluruh santrinya untuk pawai obor menyambut hari raya Idul Adha 1440 H. “Kegiatan ini sudah dilakukan setiap menyambut hari raya Idul Adha. Karena momen pawai obor ini hanya pada Idul Adha saja,’ ujar Thoriq Dharmawan Pengasuh Ponpes.

Pawai obor ratusan santri dengan jalan kaki itu menempuh jarak sekitar 2 Km, yang dimulai dari depan Ponpes dan melewati rumah warga. “Kegiatan pawai ini benar benar menghibur warga yang dilewati peserta kirab obor menyambut Idul Adha,” ujar Thoriq.

Banyaknya peserta yang mengikuti pawai ini hingga memenuhi jalan dan mengakibatkan kemacetan jalan yang menghubungkan Kecamatan Umbulsari dengan Semboro. Sehingga anggota Polsek setempat termasuk Kapolsek Semboro Iptu Tafhur Rachman harus juga turun ke jalan.

Untuk pengendara yang dari arah Umbulsari menuju tanggul harus dilewatkan di jalur alternatif. Karena masih banyak persimpangan jalan yang bisa dilewati pengendara motor baik roda dua dan empat. “Kegiatan pawai sendiri baru selesai sekitar pukul 22.00 karena banyaknya santri yang ikut turun ke jalan sambil membawa obor,” ujar Iptu Tafhur Rachman.

Warga menjadi terhibur dengan adanya pawai ini karena ada beberapa peserta kirap yang melakukan atraksi disepanjang jalan. Diantaranya ada yang minum minyak tana lalu disemburkan ke obor yang sudah menyala. “Kegiatan ini juga menjadi hiburan warga sekitar yang dillalui peserta kirap obor. Apalagi momen ini dilakukan dalam setahun sekali,” pungkas kapolsek Semboro yang didampingi anggota Koramil.

Sementara kegiatan serupa juga di lakukan Remaja Masjid Al Istiqomah di Perumahan Bumi Tegal Besar. Pawai sambil membawa lampu diikuti peserta mulai dari TPA Al Istiqimah, siswa TK , SD yang ada di Perumahan. Bahkan orang tua khususnya ibu-ibu ikut mendampingi putra-putri yang berjalan kaki mengelilingi perumahan.

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih