Kurangi Sampah Plastik, Pemkab Jember Bungkus Daging Kurban Pakai Besek

JEMEBR, RADARJEMBER.ID – Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1440 H, Minggu (11/8) di Masjid Jami Al Baitul Amien, dihadiri oleh Bupati Jember dr.Hj Faida, MMR dan keluarga.

Dalam kesempatan itu sejumlah pejabat Pemkab Jember seperti sekda, kepala dinas, kepala bagian (Kabag) dan camat ikut serta mendampingi orang nomer satu di Kabupaten Jember menuju Masjid Jami Al Baitul Amien.

“Alhamdulilah saya dan suami tercinta Pak Rochim serta anak tidak ketinggalan turut melaksanakan Sholat Idul Adha, ada pula ketinggalan sekda, kepala dinas, kabag, camat ramai-ramai mendatangi Masjid Al Baitul Amien membaur bersama masyarakat,”ujar Faida.

Dalam Sholat Idul Adha di Masjid Jami Al Baitul Amien, bertindak sebagai imam sholat adalah KH.Iqbal Ridwan, sementara khatib oleh KH.Mussodiq Fikri Farouq atau akrab disapa Gus Fikri itu.

Bupati dan pejabat Pemkab Jember, usai melakukan sholat tidak langsung beranjak dari tempatnya, untuk mendengarkan tauziah dari Gus Fikri hingga tuntas

Gunakan Besek Pengganti Kresek

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Jember menggunakan besek sebagai bungkus daging kurban sebagai langkah ramah lingkungan.

Terkait hal ini, Bupati Faida menjelaskan, biasanya dalam pemotongan hewan kurban banyak menggunakan kantong plastik atau kresek.

“Kali ini dicoba dengan menggunakan besek yang ramah lingkungan,” terangnya usai sholat Idul Adha di Masjid Jami’ Al Baitul Amin Jember, Minggu 11 Agustus 2019.

Besek yang digunakan merupakan produksi UMKM dari Kecamatan Tanggul. “Kemarin pesan tiga ribu, sehingga bisa memberdayakan ekonomi kerakyatan di Jember,” ungkapnya.

Menurut Bupati, kresek warna hitam mengandung zat karsinogen. “Kami harapkan tidak ada lagi yang menggunakan tas kresek hitam untuk kurban maupun bungkus makanan,” harapnya.

Hewan kurban yang tahun ini diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember sebanyak lima ekor sapi. Rata-rata berat sapi 5 – 6 kwintal.

Sapi diserahkan ke Takmir Majid Al Baitul Amin, Kepala Lapas Klas II A Jember, dan Ponpes AL Falah di Kecamatan Silo. Masing-masing satu ekor sapi. Sementara dua ekor sapi diserahkan ke Sekretariat Pemkab Jember.

Selain mendapatkan hewan kurban, masing-masing panitia penyembelihan hewan kurban mendapatkan besek. “Semua akan dibagikan ke warga atau masyarakat sekitarnya,” terang Bupati.

Tentang berkurban, Bupati mengatakan bahwa berqurban tidak mengurangi apapun dari diri kita, tetapi menambah satu amalan ibadah yang barokah.

Bupati juga menyampaikan, keteladanan yang dapat dijadikan contoh adalah Nabi Ibrahim Alaihis Salam mengorbankan anaknya.

“Sedangkan kita hanya berkurban sapi atau kambing. Bahkan banyak orang ganti mobil untuk hari raya tapi tidak berqurban,” ujarnya.

Semangat dalam berkurban sangat penting. Banyak contoh untuk semangat berqurban ini. “Banyak contoh dari warga yang ekonominya pas-pasan tetapi mereka tetap menjalankan perintah agama dengan berkurban,” pungkasnya.

IKLAN

Reporter : Winardyasto, Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Editor : Mahrus Sholih