Road Show GNNT ke Pelajar SMAN 2 Jember

SASAR KALANGAN PELAJAR: Petugas dari BNI Jember saat menyosialisasikan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di SMAN 2 Jember, kemarin (7/8). Selain sosialisasi, siswa juga diajak untuk menjadi bagian dari event Cashless Attack yang digelar BI bersama Jawa Pos Radar Jember.

JEMBER RADAREJMBER.ID – Bank Indonesia tak tanggung-tanggung dalam memberikan sosialisasi tentang Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) pada generasi milenial. Salah satunya dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember dalam Road Show to Cashless Attack di SMAN 2 Jember, kemarin (7/8).

Dalam sosialisasi tersebut, BI ingin menekankan bahwa penggunaan sistem pembayaran nontunai memiliki beragam manfaat. Apalagi dengan perkembangan era milenial, masyarakat mulai menggunakan sistem transaksi nontunai yang sama saja dengan uang elektronik.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Hestu Wibowo, saat memberikan penjelasan di hadapan siswa SMAN 2 Jember

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember Hestu Wibowo menjelaskan, masyarakat masih terbiasa dengan pembayaran tunai. Karena itu, dirinya ingin mengubah perilaku tersebut, dengan mengenalkan cara pembayaran nontunai yang relatif lebih mudah. “Kami juga ingin menyosialisasikan gerakan nontunai ini ke sekolah-sekolah,” tuturnya di hadapan ratusan siswa SMAN 2 Jember.

Salah satu sistem transaksi nontunai yang berhasil adalah pembayaran tol. Sekarang ini tak perlu repot-repot menyiapkan uang tunai, tetapi cukup dengan e-money saja. Langkah tersebut, kata dia, bisa mulai dikenalkan dari tingkat SMA. Mulai dari tingkat daerah hingga nasional. “GNNT yang sudah dicanangkan 2014 silam ini terus kami lakukan di sekolah-sekolah maupun masyarakat,” tegasnya.

Selain mengenalkan transaksi nontunai, panitia juga mengajak pelajar SMAN 2 Jember untuk berpartisipasi dalam event Cashless Attack yang puncaknya akan berlangsung pada 25 Agustus mendatang. Siswa bisa ikut serta dalam berbagai lomba yakni festival band akustik, lomba videografi Instagram, serta pemilihan Duta GNNT-BI 2019. Peserta yang ingin mendaftar bisa langsung datang ke sekretariat panitia di kantor Jawa Pos Radar Jember.

Edy Suyono, Kepala SMAN 2 Jember saat memberikan sambutan dalam roadshow kampanye GNNT Bank Indonesia.

Sementara itu, Edy Suyono, Kepala SMAN 2 Jember, menyambut baik road show sekaligus sosialisasi yang diinisiasi Bank Indonesia tersebut. Selain itu, dirinya juga berharap, dengan adanya sosialisasi GNNT tersebut, anak didiknya dapat menerapkan transaksi nontunai ini dengan baik. Pihaknya memang telah merancang sinergisitas antara SMAN 2 Jember dengan BI. “Bahkan, di ruang perpustakaan bakal ada BI Corner, dilengkapi dengan fasilitas yang baik,” ujar Edy.

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti