Polije Beri Pelatihan Pekerja Migran di Taiwan

Direktur Polije Saiful Anwar MP.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Zaman yang terus berkembang. Seperti saat ini yang memasuki era revolusi industri 4.0. Perkembangan dunia digital begitu pesat sehingga perlu menyiapkan sumberdaya manusia agar tak tertinggal zaman. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Politeknik Negeri Jember (Polije) mempunyai kewajiban tersendiri dalam menyiapkan generasi yang berkualitas tersebut.

“Kami bantu menyiapkan generasi berkualitas, terlebih pada sisi SDM-nya. Dan saat ini kami berkerjasama memberikan pelatihan kepada pekerja migran di Taiwan,” jelas Saiful Anwar MP, Direktur Polije.

Karena terbentur jarak, proses pelatihan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Dilakukan via skype, proses diklatnya dengan media sistem informasi. Program ini berkerjasama dengan Yayasan Bhakti Jaya Indonesia.

Dia menjelaskan, proses pelatihan yang dilakukan dalam jaringan internet memudahkan para buruh migran untuk mengakses pelatihan. Bentuk pelatihan yang diberikan tentang pelatihan Bahasa Inggris dan pengembangan sistem informasi. “Tanpa mengganggu tugas utama mereka, pelatihan dijadwalkan saat tugas-tugas mereka selesai,” ujarnya.

Seperti halnya pendidikan lainnya, uji kompetensi juga diberikan kepada mereka. Nantinya, lembaga sertifikasi yang ada di Taiwan yang akan menguji kemampuan dan sejauh mana kualitas mereka. “Sebagai bentuk penilaian mereka soal bagaimana menyerap pelatihan yang diberikan,” katanya. (*)

IKLAN

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih