YBM PLN Jember Berikan Bantuan pada Warga

Perbaiki Kelas, Bantuan Duafa hingga Bedah Rumah

JEMBERBERI SEMBAKO: Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Jember memberikan bantuan berupa sembako kepada para duafa. (PLN JEMBER for RADARJEMBER.ID )

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN telah melaksanakan beberapa program dengan total senilai Rp 65.528.750 pada Bulan Juli 2019. Program tersebut antara lain bantuan perbaikan gedung sekolah di MA Ar Rohmah Ledokombo senilai Rp 15.000.000. Bantuan tersebut digunakan untuk memperbaiki kondisi dua kelas yang kurang layak ditempati untuk proses kegiatan belajar mengajar. Diharapkan dengan bantuan yang diberikan, kegiatan belajar mengajar  lebih nyaman dan kondusif.

Bantuan kedua yakni program pesantren mandiri di Pondok Pesantren (Ponpes) Siradjul Anwar berupa bantuan empat mesin jahit, satu mesin obras, dan bantuan sanitasi pesantren senilai Rp 10.000.000. Bantuan itu diberikan untuk meningkatkan produktivitas pesantren dan kemampuan santri di bidang jahit. Dengan harapan dapat dikembangkan sebagai berwirausaha.

Ketiga, bantuan bedah rumah duafa atas nama Bapak Suparman di daerah Kecamatan Sukorambi. Suparman merupakan salah satu duafa yang bekerja sebagai buruh kebun dengan gaji Rp 50.000 per hari. Ia memiliki tanggungan keluarga sebanyak lima orang. Kondisi rumahnya pun sangat memprihatinkan dan belum mempunyai sambungan listrik sendiri. Bantuan bedah rumah yang diberikan senilai Rp 14.208.000 termasuk pemasangan listrik baru.

Rizaldi Yusuf, Ketua YBM PLN Jember mengatakan, program bantuan tersebut sudah rutin dilakukan oleh pihaknya. “Jadi, kategori mereka yang mendapat bantuan yakni duafa dengan penghasilan di bawah Rp 1 juta per bulannya,” tuturnya.

Bantuan bedah rumah lainnya diberikan kepada seorang nenek, Mani, yang tinggal di Desa Merawan, Kecamatan Mayang. Kesehariannya mencari kayu bakar dan menjadi buruh kebun dengan penghasilan minim. Kondisi rumahnya pun dapat dikatakan tak layak huni. Bedah rumah yang dilakukan senilai Rp 11.500.000.

Keempat, bantuan sembako serta santunan untuk para duafa di Desa Lampeji, Jember. Bantuan yang diberikan berupa 50 paket sembako dan uang santunan senilai Rp 12.395.000. Kegiatan ini dihadiri oleh para guru mengaji dan duafa. Dengan harapan, bantuan yang diberikan dapat meningkatkan semangat dakwah dan kegiatan usaha yang dilakukan masing-masing duafa.

Bantuan terakhir pemasangan listrik gratis untuk seorang duafa atas nama Imam Efendi, Desa Pace, Kecamatan Silo. Dia seorang buruh kebun dengan penghasilan di bawah rata-rata dan belum memiliki sambungan listrik sendiri. Total bantuan yang diberikan senilai Rp 1.910.750, termasuk biaya instalasi listrik dan voucer listrik senilai Rp 500.000. “Bantuan tersebut sudah kami berikan sejak bulan Februari tahun lalu. Dan alhamdulilah, bisa berjalan hingga sekarang,” pungkasnya.

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi