Terguling di Tanjakan

TERGULING DI JALAN: Sebuah truk penuh muatan yang disopiri Imam Samsul Arifin terguling di jalan menanjak di Desa Sumber Pinang, Pakusari.

RADAR JEMBER.ID – Tak kuat melaju di tanjakan, sebuah truk pengangkut pasir dan batu (sirtu) terguling di Dusun Krajan, Desa Sumber Pinang, Kecamatan Pakusari, Senin (5/8) pagi kemarin. Meski tak menimbulkan korban jiwa, kecelakaan ini cukup mengganggu arus lalu lintas, karena posisi truk yang memakan setengah badan jalan.

Truk bernopol AB 9667 FB yang dikemudikan Imam Samsul Arifin, 27, warga Desa Petung, Kecamatan Bangsalsari, ini mengangkut pasir dan batu dari kawasan gumuk di Pakusari, dan hendak mengirimnya ke Bangsalsari. Dengan muatan penuh sirtu, Imam memilih balik jalur timur yang nantinya tembus ke Terminal Pakusari.

Awalnya, truk melaju normal dan tidak ada tanda-tanda mencurigakan. Namun, saat tiba di tanjakan, tiba-tiba truk tersendat karena tak kuat melaju. “Saya sudah turunkan ke gigi (persneling) satu, tapi tetap nggak kuat nanjak,” terangnya.

Tak ayal kemudian truk berjalan mundur, walaupun Imam sudah mencoba mengerem. Diduga kuat, rem itu tak kuat menahan laju truk karena kondisi muatan yang berat. Selanjutnya, truk tiba-tiba oleng dan akhirnya terguling. “Saya sudah berupaya mengendalikan, tetap saja terus melaju dengan berjalan mundur dan oleng,” lanjut Imam.

Petugas Polsek Pakusari langsung turun ke lokasi begitu mendapat informasi kecelakaan tersebut. Untuk memudahkan proses evakuasi, sisa muatan sirtu di bak truk terpaksa dikeluarkan terlebih dahulu. “Setelah sirtu dikeluarkan, kita minta bantuan warga dan kendaraan lain untuk proses evakuasinya,” ujar AKP Yuliati, Kapolsek Pakusari. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti