Sidak Hewan Kurban, Temukan 16 Domba Sakit Mata

CEK HEWAN QURBAN: Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember memeriksa kondisi hewan kurban yang dijual sejumlah pedagang di kawasan kota.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Setiap menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha, selalu diikuti munculnya pedagang hewan kurban yang membuka lapak di kawasan kota. Untuk memastikan hewan tersebut dalam kondisi sehat, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember mengadakan inspeksi mendadak (sidak).

Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan drh Elok Kristanti mengatakan,sidak ini rutin dilakukan setiap tahun menjelang Idul Adha dan saat penyembelihan hewan qurban. Menurutnya, dalam sidak ini petugas meninjau 23 titik tempat penampungan dan penjualan hewan kurban di kawasan kota dan sekitarnya.

“Diharapkan, melalui sidak ini hewan kurban memenuhi syarat aman, sehat, utuh dan halal (ASUH). Sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk mengonsumsi hewan kurban,” ungkapnya. Elok menambahakan, sidak kali ini dinas menerjunkan sebanyak 14 orang yang bertugas memeriksa kondisi kesehatan hewan.

Dari catatan dinas, ada 107 ekor kambing, 1.108 ekor domba dan 58 ekor sapi. Sebagian besar hewan kurban itu dalam kondisi sehat dan siap untuk disembelih. “Saat sidak tadi tidak ada indikasi hewan kurban terkena penyakit anthrax. Petugas hanya menemukan 16 ekor domba menderita sakit mata di tiga lokasi berbeda,” imbuhnya.

Elok mengimbau, para pedagang hewan kurban di Jember untuk senantiasa menjaga kesehatan hewan agar nantinya masyarakat tidak ragu untuk membeli hewan kurban. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih