Orang Tua Guru Pertama bagi Anak

BEKALI AGAMA: Habib Ali bin Faisol Al Hamid saat memberikan ceramah agama dalam kajian Ahad Dhuha di Masjid Nur Inka di Kelurahan Jember Lor, Patrang, Minggu (4/8) kemarin.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Sebelum anak mengenal ilmu-ilmu lain di dunia ini, orang tua adalah guru pertama bagi anak. Itu berarti orang tua ikut menentukan kualitas anak. Tingkah laku mereka bergantung bagaimana cara orang tua mendidik anak.

Dalam kajian Ahad Dhuha di Masjid Nur Inka, Minggu (4/8) di Kreongan, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Habib Ali bin Faisol Al Hamid dari Ketapang, Banyuwangi, mengungkapkan hal tersebut. Orang tua harus bisa memberikan contoh kebaikan terhadap anak.

“Bekali anak ilmu agama agar mereka bisa tumbuh dan berkembang sesuai harapan orang tua. Kalau perlu anak diajak ke Masjid untuk salat atau ikut mendengarkan kajian seperti pagi ini,” ungkapnya.

Tak salah, manakala ada orang tua mengajak anak untuk salat, karena Nabi Muhammad SAW melakukan hal seperti itu untuk membentuk keluarga sakinah. “Saya mengajak semua yang hadir di tempat ini, mulai sekarang tanyakan pada anak apakah ia sudah mengerjakan salat. Selain itu, tanamkan pada diri anak, janganlah salat karena takut dimarahi orangtua, namun takutlah pada Allah SWT,” katanya.

Habib Ali bin Faisol Al Hamid pun memberikan nasihat agar orang tua tidak berkata kasar kepada anak ketika ia melakukan kesalahan. Hal itu, kata dia, berdampak buruk kepada psikologis anak dan memicu anak tidak betah tinggal di rumah. Sehinggga mereka akan mencari pelarian di luar rumah. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih