Bangunan di Atas Saluran Irigasi

Tak Ada Izin, Proses Dihentikan

DIHENTIKAN SEMENTARA: Ilham Haryanto, Kasi Trantib Kecamatan Sukorambi, bersama kelompok HIPPA serta anggota koramil dan polsek saat meninjau lokasi rumah yang dibangun tanpa izin untuk dihentikan.

RADAR JEMBER.ID – Jangan asal mendirikan bangunan, jika tak ingin jadi seperti bangunan ini. Proses pembangunan rumah yang didirikan di atas saluran irigasi di Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Sukorambi, harus dihentikan, kemarin (1/7). Pasalnya, bangunan rumah berukuran 5,5 meter dengan panjang 11 meter itu tidak memiliki izin resmi dari pihak-pihak terkait, yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu berupa IMB serta izin dari Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air.

Pemilik rumah hanya mengantongi rekomendasi dari UPT Pengairan Rambipuji untuk membangun rumahnya. Malah, izin pertama kalinya bukan bentuk rumah, tetapi hanya untuk tempat usaha dengan ukuran panjang 5 meter dan lebar 5 meter. Namun, temuan di lapangan menunjukkan pelanggaran, justru menjadi sepanjang 11 meter dan lebar 5,5 meter.

Adijoyo, Juru Air Mangli, mengaku sudah pernah menegur pemilik bangunan ketika hendak mulai membangun. Sebab, izin yang dikantongi hanya dari UPT Pengairan Rambipuji. “Saya bahkan sudah menegur sampai dua kali. Lokasinya pun di tanah milik Bina Marga,” imbuhnya.

Menurut informasi yang dia dapat, saat mengajukan rekomendasi ke UPT, identitas pemiliknya adalah Hamid, yang tinggal tak jauh dari lokasi. Namun, setelah dicek di Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air, pemilik tidak mengantongi surat izin resmi. “Itu hanya rekomendasi, bukan perizinan. Jadi, kami berhak menegur,” tegas Adijoyo ketika ditemui di lokasi bangunan.

Bangunan tersebut didirikan di atas saluran selebar 2 meter dengan panjang mencapai 11 meter. Ilham Haryanto, Plh Kasi Trantib Kecamatan Sukorambi, yang mengecek langsung ke lokasi mengungkapkan, karena masih belum ada izin, pembangunan harus dihentikan. ”Awalnya, pemilik mengaku hanya untuk tempat usaha dengan ukuran 5×5 meter,” terangnya, didampingi anggota Polsek dan Koramil Sukorambi. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti