Sukarelawan Ikut Bersihkan Sampah JFC

PEDULI LINGKUNGAN: Sekelompok anak muda yang tergabung di WCDI ikut membersihkan sampah selama pergelaran JFC berlangsung.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Keberadaan sukarelawan World Cleanup Day Indonesia (WCDI) Jember cukup membantu tugas pasukan kuning dari Dinas Lingkungan Hidup dan Tata Ruang Kabupaten Jember. Mereka ikut membersihkan sampah di areal alun-alun seusai perhelatan Jember Fashion Carnaval (JFC) berlangsung.

Parmuji, Leader WCDI Kabupaten Jember mengatakan, relawan bersih-bersih lingkungan ada di 158 negara dan beranggotakan berbagai elemen masyarakat. “Baru kali ini relawan WCDI ikut membersihkan sampah JFC. Mengingat WCDI di Indonesia baru dibentuk 2018 lalu,” ungkapnya.

Menurut dia, relawan WCDI Jember akan turun langsung selama gelaran JFC, di hari pertama mereka memungut sampah menggunakan karung dan tas plastik mengelilingi alun-alun. Tercatat 103 orang ikut dalam aksi sosial peduli lingkungan tersebut.

Salah seorang anggota WCDI Jember, Rian Effendi, mengaku mendaftarkan diri dan bergabung menjadi relawan karena ingin melihat kota Jember bersih dan bebas dari sampah. “Kalau ada acara besar seperti JFC, hendaknya pemerintah daerah menambah jumlah tempat pembuangan sampah,” jelas pemuda yang tinggal di Kecamatan Mayang ini. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih