BPJS Naker Gelar FGD Bersama Pemkab Lumajang

Bahas Perlindungan Guru Pendidik dan Tenaga Kependidikan

DISERAHKAN : Wabup Ir Hj Indah Amperawati berfoto bareng Pimpinan BPJS, pendidik dan peserta FGD.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Lumajang menggelar Focus Group Discussion (FGD). Dengan melibatkan se-jumlah pimpinan, kepala dinas, lembaga dan yayasan yang mem-bawahi bidang pendidikan di wilayah Kabupaten Lumajang di ruang pertemuan Galaxy Klapan Lumajang, pagi kemarin.

FGD BPJS Ketenagakerjaan dibuka langsung Wakil Bupati Lumajang Bunda Indah Amperawati didampingi Kepala BPJS Cabang Jember  Dwi Endah Aprilistyani. Kegiatan itu untuk mempercepat pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan khususnya kepada pendidik dan staff kependidikan di Kabupaten Lumajang.

Pelayanan tersebut memberikan solusi kepada Guru Tidak Tetap (GTT) yang berpenghasilan kurang. Apabila tertimpa musibah BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu solusi ketika risiko kecelakaan kerja dan kematian.

Maka dari itu, seluruh lembaga/yayasan dan bahkan OPD di wilayah Lumajang khususnya yang mempekerjakan para pendidik dan staf kependidikan agar segera mendaftar pada BPJS TK. “Pemkab Lumajang akan terus memantau pelaks naannya,” ujar Wabup Ir H Indah Amperawati.

Selama ini hanya 2.165 GTT yang terdaftar. Itu belum termasuk semuanya. Bahkan beberapa guru PAUD/TK maupun guru-guru lembaga swasta belum tersentuh oleh BPJS. Ada diantaranya yang menganggap ja minan sosial tidak menguntungkan.

Padahal manfaat BPJS sangat luar biasa. Dengan iuran yang sangat murah, yakni sekitar sembilan ribuan rupiah saja, para pendidik mendapatkan dua perlindungan. “Jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian,” Ujar Dwi Endah Aprilistyani, Kepala BPJS Cabang Jember.

Manfaat pelayanan kesehatan akibat kecelakaan kerja setara dengan standar perawatan kelas I rumah sakit pemerintah. Bahkan ketika meninggal mereka mendapat santunan. “Keunggulan itu hanya bagi mereka yang mendaftar,” tambahnya.

Triyono, Kepala BPJS kantor Cabang Lumajang menam bahkan program jaminan sosial merupakan program perlindungan yang bersifat dasar bagi tenaga kerja. Progam tersebut ber tujuan untuk menjamin adanya keamanan dan kepastian terhadap risiko-risiko sosial ekonomi. “Terlebih manfaat tersebut dirasakan juga oleh keluarganya,” jelasnya.

IKLAN

Reporter : mg2

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hadi Sumarsono