5 Jenis Makanan dan Minuman yang Bikin Jenggot Lebih Subur

Ilustrasi jenggot pria yang tumbuh lebat dan sehat karena asupan makanan yang baik. (Getty/Men's Health)

JawaPos.com – Sebagian pria merasa akan lebih terlihat maskulin dan gagah dengan memiliki jenggot. Sama seperti pertumbuhan rambut di kulit kepala, tak semua jenggot pria tumbuh dengan baik jika tak dirawat sempurna.

Lalu, bagaimana cara menumbuhkan jenggot agar lebat dan sehat?

Percayalah, salah satu cara untuk membuat jenggot tumbuh subur adalah dengan memilih makanan yang tepat. Pertumbuhan jenggot dipengaruhi oleh produksi hormon testosteron pria dan DHT, yakni sebuah androgen yang membantu memberikan karakteristik laki-laki.

Nah, untuk meningkatkan kadar hormon tersebut, bisa didapatka dari asupan makanan. Dilansir dari Boldsky, Jumat (26/7), ada lima makanan dan minuman yang bisa membuat jenggot tumbuh dengan subur dan lebat. Makanan dan minuman ini dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang baik dan bisa meningkatkan hormon DHT.

1. Telur

Telur baik untuk pertumbuhan rambut dan jenggot karena mengandung banyak protein. (NDTV)

Kaya akan biotin, konsumsi telur secara teratur sangat efektif. Telur adalah salah satu sumber biotin terkaya dan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan jenggot. Telur membantu meningkatkan ketebalan jenggot dari waktu ke waktu.

2. Kismis

Dikemas dengan berbagai manfaat kesehatan, kismis adalah pilihan tepat jika ingin menumbuhkan jenggot yang alami. Sebagai sumber alami boron, mengonsumsi kismis dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut wajah. Anda bisa mengudap kismis atau menambahkannya ke pancake sarapan.

3. Jus Jeruk

Kaya vitamin C, jus buah ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pertumbuhan jenggot. Vitamin C dalam jus jeruk bekerja mempromosikan produksi sebum, minyak alami yang diproduksi tubuh yang semakin melumasi kulit dan melembabkan rambut. Sehingga membuat jenggot bertambah tebal.

4. Ikan

Asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada ikan adalah sumber lemak yang baik dan meningkatkan produksi protein dalam tubuh. keduanya sangat penting untuk pertumbuhan jenggot. Anda disarankan mengonsumsi ikan berminyak seperti mackerel, tuna, salmon, sarden, dan lainnya untuk meningkatkan pertumbuhan jenggot.

5. Sayuran Hijau

Kaya akan vitamin E, sayuran hijau seperti kangkung, bayam dan sebagainya harus dimasukkan dalam diet harian jika ingin meningkatkan pertumbuhan rambut wajah. Karena, vitamin E diketahui melembutkan rambut jenggot dan meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Hasilnya, membuat jenggot lebih mudah dirawat dan dicukur.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :