Lumajang Peringkat Terbaik Jawa Timur

Dokumen Lingkungan Selangkah Lagi Tembus Nasional

TUNGGU PENILAIAN PUSAT : Bupati Thoriqul Haq menerima penghargaan DIKPLHD dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Tinggal menunggu penilaian pusat untuk masuk kategori nasional.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Selangkah lagi Lumajang bakal merebut penghargaan dokumen lingkungan nasional. Itu seiring telah dinobatkannya menjadi yang terbaik DIKLHD yang diterima dari gubernur, kemarin. Tinggal menunggu penilaian pusat.

Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah atau disebut DIKPLHD ini kemarin mendapat prestasi terbaik se  Jawa Timur. Gubernur Khofifah Indar Parawansa menye­rahkan pada Bupati Thoriqul Haq dalam acara Hari Lingkungan Hidup sedunia, di Komplek UPT Pelabuhan Kota Probolinggo.

Karena sudah terbaik provinsi, satu tiket pertama sudah dikan­tongi. “Selanjutnya dokumen akan dinilai tingkat nasional. Kita tunggu penilaianya. Bila masuk, pak Bupati akan paparan dokumen di Jakarta,” jelas Yuli Haris Plt Kepala DLH Lumajang.

Seperti tahun kemarin, Luma jang meraih penghargaan Nirwasita Tantra sebagai penyusun terbaik dokumen. Harapannya, tahun ini kembali berhasil diraih. “Kita terus berikhtiar semoga berhasil,” katanya.

Dokumen itu adalah riil kinerja kepemimpinan kepala daerah dalam pengelolaan lingkungan. Yang merupakan komitmen pemerintah. Isinya, ulasan informasi upaya upaya yang dilakukan untuk mengatasi atau menyelesaikan isu isu betkaitan dengan air,  udara, tanah,  RTH dan persampahan.Penghargaannya bernama Nirwasita Tantra. Dan  untuk kepala daerah diberikan penghargaan Green Leadership. “Itu jika tembus nasional. Insya Allah,  bisa diraih,” katanya.

Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq juga berharap pada prestasi ini. “Peringkat terbaik di Jawa Timur sudah sering kita raih. Kita sekarang harus mempertahankan penghargaan “Nirwasita Tantra” yang sudah diperoleh tahun lalu,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Lumajang juga menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Timur diraih oleh MTs N 1 Lumajang, SMPN 1 Tekung dan SMPN 2 Sukodono.

Juga diserahkan penghargaan Desa Berseri Pratama, yang diraih oleh Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono dan Desa Klakah Kecama­tan Klakah.  Sedangkan Desa Berseri Madya diraih oleh Kelurahan Jogoyudan Kecamatan Lumajang. Untuk penghargaan Kalpataru kategori Perintis Lingkungan diraih oleh, Sucipto, dari Desa Sumberwu­luh Kecamatan Candipuro.

Pada puncak Hari Lingkungan Hidup sedunia tersebut, Guber­nur Jawa Timur melaksanakan menandatangani MoU tentang Program Adopsi Sungai Brantas dengan melibatkan 23 Pimpinan Perusahaan.

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan