Kreativitas Tanpa Batas di Ruang Terbatas

ASYIK BERKREASI: Warga binaan Lapas Jember banyak menghasilkan produk-produk kreasi tangan.

RADARJEMBER.ID -Seiring menunggu masa tahanan, warga binaan di Lapas Kelas II-A Kabupaten Jember memiliki kegiatan memproduksi karya. Warga binaan sudah memproduksi puluhan kerajinan tangan yang tak kalah bagus.

Berbagai karya sudah di produksi. Seperti souvernir (bros, tasbih, gelang, gantungan kunci, jepitan dan lain-lain). Bahkan barang-barang rumah tangga juga mereka produksi. Yakni bunga karton, pohon kopi, bunga kain akrilik, lemari, dan ayunan anak-anak.

Tak hanya itu, warga binaan juga mahir dalam bidang tata boga. Bahkan sudah bisa memproduksi pembuatan tempe.

“Pelatihan-pelatihan itu tidak lain sebagai bekal untuk warga binaan selama di lapas. Memberdayakan mereka sehingga bisa menghasilkan produk-produk kreatif,” kata Sarju Wibowo, Kepala Lapas Kelas II-A Jember.

Sebelum mengikuti pelatihan, ada pembagian keahlian dan minat yang warga binaan tekuni. Kemudian, membekali pelatihan sesuai bakat mereka.

Langkah ini setidaknya diterapkan untuk mendapatkan hasil produksi yang maksimal dengan menepatkan sesuai skill dan minat masing-masing warga binaan. “Ini menjadi bekal mereka kalau sudah pulang dan kembali ke lingkungan,” tukasnya.

Sementara Kasi Kegiatan Kerja Lapas Kelas 2 A Jember, Prianggoro Agung Wibowo memaparkan, pelatihan dibimbing langsung oleh lembaga yang berkompeten.

IKLAN

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono